makanan semur jengkol

makanan semur jengkol

Hampir semua orang di negeri agraris ini mengenal apa yang dinamakan jengkol. Khususnya orang jawa barat (sunda) sangat banyak orang yang menyukai jengkol.

Suaraindependent.id – Hampir semua orang dewasa di negeri agraris ini mengenal dan tau apa yang dinamakan jengkol. Khususnya orang jawa barat (sunda) sangat banyak orang yang menggemari makanan yang satu ini, karena makanan ini banyak ditemui di kebun-kebun terutama di pasar – pasar atau di wrung kecilan.

Banyak cara untuk mengolah bahan makanan ini, diantaranya dengan cara disemur. Semur jengkol adalah satu makanan enak yang banyak disukai. Makanan ini biasanya akan menambah selera makan kita. Jengol dapat dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi. Makanan yang berbahan dasar jengkol tua ini dapat kita buat dengan olahan tangan sendiri.

Proses dan cara pembuatannyapun sangat mudah dan sederhana. makanan yang satu ini memiliki bau yang khas, itulah yang menjadi salah satu ciri makanan nikmat ini. Namun memang tidak semua orang dapat menyukainya, tetapi tidak untuk saya karena semur jengkol memiliki rasa yang lezat terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Semur jengkol biasanya hanya memiliki sedikit kuah dan bumbunya yang menempel pada jengkol, mungkin itu yang menjadikan makanan ini lebih lezat lagi.

Meskipun  mudah cara memasaknya akan tetapi masih mungkin ada yang belum bisa cara membuat atau memasaknya.  Bagi yang masih baru berumahtangganya dan belum tau bagaimana cara membikin semur jengkol itu jangan repot-repot bertanya-tanya ke tetangga dan ingin mencobanya, berikut kami sajikan resep membuat semur jengkol.

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Pedas Empuk

Bahan :

500 gr jengkol tua yang masih segar
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam ( dicuci bersih )
1 batang serai ( memarkan )
3 lembar daun jeruk ( buang tulang daunnya )
kecap manis secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
penyedap rasa secukupnya
air secukupnya
minyak untuk menumis secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :

3 butir kemiri sangrai
3 siung bawang putih
5 butuir bawang merah
2 buah cabe merah besar
25 buah cabe rawit hijau
2 cm kunyit

Cara Membuat Semur Jengkol :

Rebus jengkol dalam air yang mendidih sampai matang dan empuk
Angkat rebusan jengkol lalu beri air dingin
Kupas kulit jengkol yang sudah direbus kemudian pipihkan dengan cara digeprek, sisihkan sejenak
Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum
Masukkan lengkuas, batang serai, daun jeruk dan daun salam, aduk sampai layu
Tuang air secukupnya lalu diamkan sampai mendidih

Masukkan jengkol yang sudah digeprek kedalam bumbu, aduk sebentar kemudian tutup bagian atasnya
Diamkan sampai jengkol benar-benar matang hingga kuah menyusut dan bumbu meresap
Tambahkan kecap manis, gula pasir, garam dan penyedap rasa, aduk sampai bumbu tercampur rata
Semur jengkol empuk siap untuk dihidangkan.Untuk membuat masakan ini pilihlah jengkol yang sudah tua karena akan menghasilkan tekstur yang sangat empuk.

Jangan memilih yang muda karena tidak akan menghasilkan rasa enak bahkan tidak empuk, jengkol muda ketika disemur akan memiliki rasa yang sedikit pahit. Itulah sekilas informasi tentag Cara Membuat Semur Jengkol Pedas, semoga bermanfaat.

 

Red. Suara Independent