Serapan Gabah Petani bersama TNI,BULOG dan Dinas Pertanian
Tasikmalaya,30 Agustus 2017

Suara Independent,
Balai Penyuluh Pertanian (BPP),KORAMIL Kecamatan Cibalong dan BULOG kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan pembelian hasil panen langsung dari petani berupa gabah kering giling.
kegiatan ini dilaksanakan dikantor Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Cibalong pada hari rabu 30 Agustus 2017 pukul 13.00 sampai selesai.

 

Dalam kegiatannya saat diwawancara kepala BPP kecamatan Cibalong Bapak Dedi Rusmana beserta staf menyatakan bahwa pihak BPP dan TNI hanya sebagai jembatan penghubung/mediator penjualan gabah kering giling dari kelompok tani yang ada di kecamatan cibalong dengan BULOG yang diwakili oleh Sub nya.

Dalam kesempatan itu kelompok tani bisa menjual padi kering siap giling sebanyak kurang lebih 3.000 kilogram/3 ton dan pihak pihak sub Bulog memebeli padi kering giling dengan harga yang sangat bersaing bahkan lebih tinggi dari para tengkulak yaitu sebesar Rp 5.060 rupiah.
Walaupun kondisi dilapangan tidak semua lahan yang ditanami padi menghasilkan hasil panen yang memuaskan,bahkan banyak yang gagal panen dikarenakan pada masa tanam kali ini sudah memasuki musim kemarau.
Pihak Balai Penyuluh Pertanian kecamatan Cibalong menyatakan walaupun hasil Serapan Gabah Petani (SERGAP) jumlahnya jauh dari harapan tapi ini merupakan satu bukti kesadaran kelompok tani dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah.
Serapan Gabah Petani (SERGAP) ini merupakan program pemerintah melalui Departemen Pertanian dan bekerja sama dengan TNI AD diseluruh Indonesia demi mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan dari bulan maret sampai bulan September 2017.