SI JAGO MERAH LALAP RUMAH DEDI
Tasikmalaya – Suara Independent
Rumah milik pasangan suami istri Dedi (41) dan Yani Royani (35) yang beralamat di Kampun Kalapaciung RT.12/02 Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal kamis (12/10) sekira pukul 15:30 wib dilalap sijago merah, kebakaran tersebut dugaan sementar berasal dari percikan api akibat korsleting listrik dan disaat kejadian tersebut rumah dedi dalam keadaan tak berpenghuni kecuali ayah dedi yaitu Ohin (65) yang sedang membetulkan genteng di rumah pinggir dekat TKP.
‎Dedi beserta istri sedang berada di sawah garapannya yang juga tak jauh dari rumahnya, Ohin sang ayah yang pertama kali melihat kepulan asap di tengah rumah bergegas memeriksa dan ternyata menurut Ohin bagian tengah rumah dedi sudah sebagian terbakar api sudah menjalar kemana-mana, dengan kepanikannya ohin bergegas meminta bantuan kepada warga sekitar untuk meminta bantuan memadamkan api.
‎warga pun datang memberi bantuan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. dari keterangan warga lainnya memang kami juga melihat adanya kepulan asap tebal dirumah dedi kami pun bergegas ke TKP yang kebetulan ohin juga saat itu meminta bantuan memadamkan api, bersama pihak kepolisian dan juga Babinsa, Kepala Desa dan perangakat desa Cikupa sigap bersama warga akhirnya sekitar 30 menit berhasil memadamkan api sambil mengevakuasi barang-barang yang sekiranya bisa diselamatkan.
‎ rumah yang sebagian beratapkan rumbia dan semi permanen atau sebagian banyak menggunakan bahan kayu tersebut memudahkan api terus menjalar ke bagian bangunan dan ruangan lainnya, api cepat membesar, rumah bagian tengah dan kamar serta dapur hampir semuanya habis dilalap api, perabotan seperti televisi, kulkas, dan perabotan dapur serta elektronik lainnya sedikit yang terselamatakan.
‎dari hasil identifikasi olah TKP pihak kepolisian polsek karangnunggal kerugian ditaksir sekitar Rp. 35 juta, sementara Yudha Heryadhi Kades Cikupa menjelaskan ” kami pribadi juga pemerintahan Desa Cikupa turut prihatin atas kejadian yang menimpa keluarga dedi mudah-mudahan mereka selalu diberi kesabaran atas musibah yang menimpa ini, kami atas nama pemerintahan, Lembaga, para Tokoh serta warga lainnya akan berusaha untuk membantu keluarga dedi pasca kebakaran ini dengan cara apa saja agar bisa meringakan beban mereka, kita semua akan meminta masukan dari semua pihak agar dengan kerelaannya bisa memberikan bantuan alakadarnya dan semampunya.
‎Yudha menambahkan ” minggu ini sudah 2 kejadian kebakaran yang menimpa warga kami kemarin rumah ibu ecin pun sama mendapat musibah seperti ini dan kronologisnya pun sama, jadi saya mengingatkan kepada warga semua untuk waspada jika akan meninggalkan rumah dalam waktu lama, jangan sampai terjadi lagi kejadian sama, kita upayakan pencegahan dari awal untuk meminimalisir segala kemungkinan yang tidak kita harapkan,jelas yudha kepada SIJ. //Iskandar/SIJ