PD. BPR CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA (yang selanjutnya disebut PT BPR CIPATUJAH) pada awalnya adalah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, yaitu dengan dikeluarkannya SK. Bupati Tasikmalaya No. Pe. 003/170/SK/1981 tanggal 24 Agustus 1981, tentang pembentukan LPK di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang diantaranya dibentuk LPK Cipatujah dan secara resmi operasionalnya dimulai pada hari Senin tanggal 13 Maret 1984 dengan Modal Awal sebesar Rp. 1.000.000,00 (Satu juta rupiah).

Tetapi dengan SK. Gubernur Jawa Barat No. 581/Kep-409/Binsar/86 tanggal 25 Maret 1986 tentang Pembentukan LPK menjadi milik bersama, kepemilikannya berubah menjadi milik Pemda Provinsi Jawa Barat dan Pemda Kabupaten Tasikmalaya dengan Modal Dasar sebesar Rp. 25.000.000,00 (Dua puluh lima juta rupiah).

Sebagai Pembina dan Pengawas Teknis, maka sesuai dengan Perda Provinsi Jawa Barat No. 3 Tahun 1973 ditunjuk Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat (BPD). Status kepemilikan mengalami perubahan kembali melalui Perda. Povinsi Jawa Barat No. 5 Tahun 1996 yaitu menjadi milik Pemda. Provinsi Jawa Barat, Pemda. Kabupaten Tasikmalaya dan PT. Bank Jabar Banten dengan Modal Dasar sebesar Rp. 250.000.000,00 (Dua ratus lima puluh juta rupiah).

Melalui Surat Gubernur Provinsi Jawa Barat No.584.3/4402/Perek/97 tanggal 10 Oktober 1997 tentang Pengajuan Izin Usaha dari PD. LPK menjadi PD. BPR LPK, PD LPK CIPATUJAH diajukan kepada Menteri Keuangan untuk diadakan Perubahan Status menjadi PD. BPR LPK CIPATUJAH dan mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan melalui SK. No.Kep-179/KM.17/1998 tanggal 21 April 1998 tentang Pemberian Ijin Usaha PD. BPR LPK. Maka PD. LPK CIPATUJAH berubah menjadi PD. BPR LPK CIPATUJAH.

Pada tahun 2006 terbit Perda. Provinsi Jawa Barat No. 14 Tahun 2006 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat dan Perusahaan Daerah Perkreditan Kecamatan, Modal Dasar mengalami perubahan menjadi sebesar Rp. 2.000.000.000,00 (Dua milyar rupiah).

Kemudian pada tahun 2010 terbit Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2006 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Dan Perusahaan Daerah Perkreditan Kecamatan, sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 30 Tahun 2010 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat dan Perusahaan Daerah Perkreditan Kecamatan, Modal Dasar berubah menjadi sebesar Rp. 15.000.000.000,00 (Lima belas milyar rupiah).

Berdasarkan Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia Nomor 15/2/KEP.DpG/2013 tanggal 25 Pebruari 2013 tentang Pemberian Izin Penggabungan Usaha (Merger) PD. BPR LPK BOJONGGAMBIR ke dalam PD. BPR LPK CIPATUJAH. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2006 tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Dan Perusahaan Daerah Perkreditan Kecamatan sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 30 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kabupaten Tasikmalaya Nomor 4 Tahun 2010 tentang Merger Dan Konsolidasi PD. BPR Kabupaten Tasikmalaya, pada tanggal 27 Maret 2013 PD. BPR LPK BOJONGGAMBIR telah menggabungkan usaha (merger) dengan PD. BPR LPK CIPATUJAH.

Berdasarkan Perda. Provinsi Jawa Barat Nomor 10 Tahun 2013 tentang Perubahan Bentuk Hukum Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Hasil Merger di Kabupaten Garut, Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi Perseroan Terbatas, maka sesuai dengan Keputusan Menkumham Nomor AHU-2462637.AH.01.01. Tahun 2015 Dan izin OJK Nomor KEP-54/KR.2/2015 tentang Pengalihan Izin Usaha Atas Perubahan Badan Hukum PD. BPR LPK CIPATUJAH menjadi PT. BPR CIPATUJAH JABAR,terhitung sejak tanggal 21 Januari 2016 PD. BPR LPK CIPATUJAH telah berubah bentuk badan hukum dan nama menjadi PT. BPR CIPATUJAH JABAR dengan nama panggilan (call name) bank CiJ.

PT. Bank Perkreditan Rakyat Cipatujah Jabar (Bank CiJ) Cabang Bantarkalong mulai beroprasi 01 Juli 2012 dan sekarang setelah tahun ke 4, BPR Cipatujah Jabar (Bank CiJ)Cabang Bantarkalong dari segi aset, pada posisi Juli 2016 tercatat telah mencapai Rp. 53 miliar dan dari pihak ketiga berupa dana Tabungan dan Deposito yang cukup baik ini tak lepas dari kepercayaan dan dukungan yang sangat baik dari masyarakat. Dan yang sangat membanggakan kami PT.BPR Cipatujah Jabar memperoleh “Golden Award” atas prestasi kinerja Keuangan selama 2 tahun secara berturut-turut, yaitu pada tahun : 2014 dan 2015, dengan predikat “SANGAT BAGUS”, versi Majalah Infobank.

PT.BPR Cipatujah Jabar bergerak dalam usaha Perbankan, melayani Kredit, Tabungan danDeposito. Dengan pelayanan yang baik terhadap masyarakat menjadi prioritas utama kami dengan maksud agar setiap nasabah merasa menjadi bagian dari keluarga, kami peduli dan sangan mendukung program pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia mensosialisasikan manfaat menabung dan wawasan perbankan, maka kami mengadakan pendekatan langsung terhadap masyarakat melalui penyuluhan dan promosi tentang guna dan manfaat perbankan husunya PT.BPR Cipatujah Jabar dimata masyarakat, terhadap pedagang, petani, pegawai negri, swasta dan pelajar maupun para wirausahawan, mereka sadar akan manfaat dan nilai dengan bergabung menjadi nasabah kami.

PENGURUS DAN PEJABAT BANK
Dewan Komisaris
• Komisaris Utama
H. Amar Sumarna

• Komisaris
H. Asep Budiman, SE.MP

Direksi
• Direktur Utama
H. Atang Sutarsa

• Direktur
Asep Darlianto

Kepala Divisi
• SPI Utama
Hj. Yeyet Nurhayati

• Divisi Umum dan SDM
Hendri Hermanto

• Divisi Perencanaan & Treasury
Dian Subakti

• Divisi Operasional
Roni Ramdani

Pimpinan Cabang
• Cabang Bantarkalong
Iman Dermawan

• Cabang Bojonggambir
Deni Moch Kaelani

• Cabang Rancah
Acep Yoga Agustina

Kepala Kantor Kas
• Kantor Kas Kalapa Genep
Asep Mulyana

• Kantor Kas Bojongasih
Risnawan

STRUKTUR ORGANISASI PT. BPR Cipatujah Jabar Cabang Bantarkalong
• Pimpinan Cabang
Iman Dermawan, S.Sos

• Kepala Pemasaran
Beni Ibrahim

• Staff. Umum
Adi Nugraha

• Subag. Pemasaran
Yanti Supriantini

• Kepala Kantor Kas. Bojongasih
Risnawan

• Staff Teller
Gita Natasya Lestari
Rina Mulyani

• Staff Admin
Susanti
Melan Nurmalasari

• Staff Customer Service
Tita Nurlaila

• Staff Kredit
Iin Muslihin
Ade Darmadi
Anggi Juandya Giri
Faridl Aziz Muslim
Angga Pratama S
Taofik Alamsyah
Rudi Rudiana
Egi Gunawan
Rona Abdul Wahab
Cecep Hidayat
Acep Andi
Ikbal Haikul Aspar
Feby Abdul Aziz
Fauzi Abdurahman
Dedi Suryadi
Sauki

• Staff Dana
Enung Nurhayati
Dede Sumaryono
Drika Septiana
Dani Ramdani

• Staff Lain – lain
Ahmad Reza Lufi
Ruhendi Aristianto
Demi Maldini
Mamat

• Security
Mamat Rahmat
Gungun Gumelar

Red. Suara Independent