Keindahan tempat wisata Green Canyon sunguh sangat memanjakan para pengunjungnya, oleh karena itu ayo datang segera ke tempat wisata yang satu ini

Suara Independent. Green Canyon atau lebih dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh oleh warga sekitar, berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kurang lebih 31 kilometer dari Kota Pangandaran.

Asal muasal nama Green Canyon sendiri di ambil dari seorang turis Perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang sangat jernih dan kehijau-hijauan dari sungai serta lumut hijau yang berlimpah di sisi tebing yang membuatnya populer dengan nama Green Canyon saat ini.

Bagi para penduduk lokal, Cukang Taneuh memiliki makna dari jembatan tanah. Oleh karena itu di atas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah keajaiban yang berupa jembatan dari tanah yang sehari-harinya digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun mereka.

Jika Anda berada di luar Jawa Barat, maka Anda dapat menggunakan transportasi udara, atau darat menuju kota Bandung. Dari kota Bandung Anda harus naik bus yang  tujuan busnya menuju ke arah Pangandaran. Setelah sampai di Terminal Pangandaran, Anda dapat menggunakan jasa mini bus sampai terminal Cijulang.

Kemudian dari terminal cijulang Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau menyewa mobil. Untuk menuju tempat wisata Green Canyon dari dermaga Ciseureuh, Anda harus menempuh perjalanan selama 30 sampai 45 menit lamanya dengan menggunakan perahu kayu modern yang juga sering disebut dengan “Ketinting”.

Tarif per orang untuk naik ketinting

Tarif per orang untuk ketinting ini adalah 75.000 Rupiah dengan daya tampung maksimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.

Ketinting ini akan membawa Anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanan nantinya Anda akan disuguhi oleh pemandangan pohon-pohon hijau yang menjulang di sepanjang tepi sungai.

Jika Anda sedang beruntung, Anda dapat melihat berbagai jenis  satwa di sekitar sungai. Selain bisa melihat berbagai satwa di sekitaran sungai , Anda juga bisa menikmati air terjun yang turun dari sisi-sisi tebing.

Dengan keindahan yang di suguhkan oleh tempat wisata Green Canyon, Anda juga pasti takjub dengan keindahan tempat wisata yang satu ini. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Agar setiap momen-momen yang menurut anda penting bisa terabadikan dalam bentuk foto.

Bidiklah objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan, dan jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air. Agar kamera Anda tidak terkena cipratan air,  karena di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

Selama perjalanan yang cukup panjang dalam ketinting, nantinya Anda akan bertemu dengan beragam arus sungai yang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Anda dapat berenang di air sungai yang sangat jernih sambil melihat ikan-ikan berenang didalamnya.

Anda juga dapat berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu, Anda juga bisa menikmati suara gemuruh air yang berjatuhan dari tebing-tebing di sepanjang sungai.

Baca juga: Keindahan Panorama Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Salah satu kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan adalah Body Rafting. Harga yang ditawarkan berkisar antara 150.000 Rupiah sampai 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tetapi Anda juga bisa menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter.

Tips-tips berwisata di Green Canyon

  1. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena di sini nantinya Anda akan banyak berinteraksi dengan air.
  2. Jangan lupa membawa tas khusus anti air untuk melindungi barang-barang elektronik Anda seperti handphone dan kamera agar tidak terkena cipratan air.
  3. Gunakan alas kaki anti selip, karena Anda akan sering berjalan diatas batu licin yang mungkin mengakibatkan Anda terpeleset. Cobalah untuk memakai sandal gunung agar lebih nyamandan aman.
  4. Bawalah bekal makanan dan minuman sendiri karena penjual makanan hanya ada di pintu masuk utama saja.
  5. Yang paling penting Jangan Buang Sampah Sembarangan! Bawalah kantong plastik khusus untuk membuang sampah sehingga keindahan wisataGreen Canyon tetap terjaga kebersihan dan keindahannya. Sayang kan jika Green Canyon yang tersohor kejernihan airnya tercemar tangan-tangan kita sendiri.?

Nah. Untuk Anda para pecinta adventure sangatlah cocok kalo anda mengunjungi tempat yang satu ini. Demikianlah tentang wisata Green Canyon yang dapat saya sampaikan untuk Anda, nantikanlah artikel-artikel selanjutnya seputar objek wisata lainnya.

Baca juga: Panorama Pantai Pamayangsari Indah Menakjubkan

 

I.P./ Red. Suara Independent.