pasar cikurubuk| sumber google

pasar cikurubuk| sumber google

Cikurubuk adalah suatu wilayah di Kota Tasikmalaya, dimana terdapat Pasar Induk yang terbesar di Tasikmalaya

Suara Independent, Cikurubuk adalah suatu wilayah di Kota Tasikmalaya, dimana terdapat Pasar Induk yang terbesar di Tasikmalaya, Di sini terdapat lebih dari 2.700 pedagang yang terdaftar dan belum termasuk pedagang kaki lima.

Pasar ini sendiri berdiri sekitar tahun 1996. Barang dagangan yang diperdagangkan disini beraneka ragam, mulai dari makanan kecil, sayur mayur dan buah-buahan segar sampai acesoris dan pakaian jadi tersedia di sini dengan harga yang sangat terjangkau.

Banyak pedagang eceran ataupun warungan yang membeli barang dagangan ataupun bahan baku dagangan mereka di tempat ini, belum lagi bila membeli dalam partai besar atau grosiran yang memang banyak pula bersebaran di Pasar Cikurubuk tersebut, Namun pemerintah dan developer harus segera bertindak dalam waktu singkat, kurang lebih 4 bulan, blok tersebut telah dibangun kembali dan pedagang Blok tersebut,yang sementara harus berjualan di Blok A-1 dan sekitarnya dapat kembali menempati lokasi usaha mereka seperti semula.

Dalam hal permodalan pedagang tidak perlu repot jauh-jauh keluar pasar, karena sekarang Bank pemerintah maupun swasta sudah mendirikan perwakilan atau cabang mereka di sekitar pasar tersebut, PT. Bank Rakyat Indonesia selaku bank yang sudah lama bergerak di segmen pengusaha mikro dan menengah telah mendirikan sebuah unit kerja yang diberi nama Teras BRI, Berlokasi di Blok A-4 Pasar tersebut, sehingga memudahkan bagi para pedagang pasar dalam menyimpan dananya atau memperoleh tambahan modal dalam mengembangkan usaha mereka ke arah yang lebih maju.

Tersedia berbagai macam kebutuhan

Terdapat di beberapa lokasi untuk mencarinya tidak begitu sulit karena kami akan memberikan sedikit informasi lokasi dan tempat mereka berada. Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan akan barang dagangan, terutama bagi para pedagang di Tasikmalaya.

Maka di Tasikmalaya  terdapat beberapa toko grosiran dengan harga gosir murah dengan tujuan untuk di jual kembali oleh para pedagang atau warung, kios, toko mungkin menyediakan barang tersebut bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan para pedagang atau toko di Tasikmalaya saja.

Pada intinya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari masyarakat yang berada di Tasikmalaya dan sekitarnya. Pada umumnya toko grosir di Tasikmalaya mempunyai stok barang yang sangat banyak dan jaringan penjualan yang luas.

Selain pembeli dari Kota Tasikmalaya banyak juga pembeli dari luar kota Tasikmalaya misalnya dari wilayah Ciamis, Singaparna dan dari berbagai wilayah Kapupaten Tasikmalaya. Mereka umumnya berbelanja dengan partai besar karena sebagian mereka membuka toko grosiran yang sama.

 

I.P./Red. Suara Independent.

Baca juga:Seperti Apakah Wartawan Profesional Yang Benar Itu ?