Bagi anda yang tinggal di daerah jawa barat, tentunya sudah tak asing lagi dengan resep masakan yang satu ini yaitu nasi liwet sunda. Bagaimana tidak, nasi liwet dalam masyarakat sunda sudah menjadi salah satu masakan yang harus tersedia pada acara – acara tertentu dan bisa dinikmati di setiap waktu. Seperti acara pergantian tahun dan saat menjalankan ibadah puasa sebelum hari raya idul fotri biasanya masyarakat mengadakan buka bersama. Nasi liwet sunda memiliki cita rasa yang khas. Hal ini karena bumbunya seperti daun salam dan sereh yang ditambah dengan ikan asin atau teri. Cara pembuatannya cukup mudah, bisa dimasak menggunakan rice cooker atau panci.

Penggemar nasi liwet, tentunya juga menyukai nasi-nasi gurih lainnya misalnya nasi kuning, nasi uduk atau bahkan nasi tomat. Nasi liwet sendiri dikenal ada 2 versi yaitu nasi liwet yang berasal dari Solo dan nasi liwet khas Sunda. Nasi liwet Solo dimasak menggunakan santan dan biasanya disajikan dengan sayur labu siam yang juga bersantan. Sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Rasa gurih didapatkan dari pemakaian aneka rempah-rempah seperti sereh, daun salam, bawang merah, bawang putih dan tentunya ikan asin sebagai pelengkapnya. Nasi liwet khas Sunda dimasak menggunakan panci khusus yang bernama panci kastrol.

Kalau tidak mempunyai panci kastrol bisa juga memasak nasi liwet khas Sunda dengan menggunakan panci yang tebal. Nasi yang dimasak dengan menggunakan panci akan menghasilkan kerak nasi. Kerak nasi ini bisa dijadikan cemilan yang enak. Biasanya kerak nasi akan dijemur hingga kering dan digoreng. Nasi liwet Sunda biasanya menggunakan tambahan ikan asin yang dimasukkan menjelang nasi matang. Ikan yang digunakan bisa teri, jambal roti, peda, ikan sepat atau sesuai selera. Nasi liwet biasanya dihidangkan dengan ikan bakar, tahu dan tempe goreng dengan lalapan dan sambal.

Buat yang pengen makan enak tapi suka males ribet di dapur, bisa dicoba deh bikin nasi liwet Sunda ini menggunakan magiccom. Praktis banget deh tinggal iris-iris dan masukin ke magic com tau-tau ntar udah matang. Sesuaikan dengan ikan asin yang dipakai. Saya memakai teri medan dan jambal roti yang rasanya cukup asin, jadi saya hanya menggunakan sedikit garam. Saya juga menambahkan kemangi biar tambah sedap aromanya. Sebenarnya tidak ada takaran khusus dalam membuat nasi liwet versi magic com ini. Kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan aja kan ya, seperti kita memasak nasi setiap harinya.

Takaran air tentunya juga menyesuaikan dengan kondisi beras yang kita pakai. Rempah-rempah juga demikian. Kalau saya sih pakai rempah yang banyak biar tambah sedap aromanya. Saya menggunakan magic com kecil yang pas untuk 300 gr beras. Silahkan resepnya disesuaikan sendiri yaa NASI LIWET ALA SUNDA VERSI MAGIC COM Bahan : 300 gr beras, cuci bersih 600 ml air (sesuaikan kondisi beras ya) 2 batang serai, memarkan 5 daun salam 12 butir bawang merah, iris tipis 5 siung bawang putih, iris tipis 10 cabe rawit 1/2 sdt garam (sesuaikan dengan kondisi ikan asinnya ya) 2 sdm minyak goreng untuk menumis 1 genggam kemangi 50 gr teri medan 2 potong jambal roti, potong-potong

Cara Membuat : 1. Panaskan minyak, tumis serai, daun salam, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit hingga harum. Angkat dan tiriskan. 2. Masukkan beras ke panci magic com beserta tumisan bumbu kemudian tuang air sesuai takaran. Masak hingga matang. 3. Goreng teri medan dan jambal roti kemudian masukkan ke dalam magic com. Masukkan pula daun kemangi kemudian aduk hingga tercampur rata.

Masak sekali lagi agar nasi “tanak” 4. Setelah matang , aduk-aduk kembali nasi dan siap dihidangkan hangat. Saya gak bikin sayur asem, gak bikin ikan bakar, cukup goreng tahu dan tempe aja untuk pelengkap nasi liwet ini. Itupun tahu tempenya udah ludes digadoin hahaha. Saya tambahkan juga teri medan yang hangat di atas nasi liwet ini biar kerasa kriuk-kriuknya. Eh ya jangan lupa sambal dan lalapannya, biar makin sedaap.

liwet sunda ini banyak disukai oleh banyak orang, karena rasanya yang gurih dan dilengkapi dengan aneka masakan liannya seperti ayam bakar, sambal, tomat yang dihias, tahu dan tempe goreng serta lalapan timun. Nasi liwet khas Sunda ini cocok banget bila  kita hidangkan selagi masih hangat. Untuk tahu gorengnya anda bisa beri bumbu ataupun dihaluskan kemudian dibentuk bulat lalu digoreng.