Menjadi kesenangan tersendiri disaat mengajar di Sd Mekarbakti Desa Gunungjampang Kec. Bungbulang Kab. Garut yang lokasinya di daerah terpencil.

Suara Independent.id –Garut, mendapatkan tugas didaerah terpencil merupakan salah satu pengabdian yang sangat mulia, jadi pengajar di sekolah, Karena pendidikan merupakan tiang pancang kebudayaan dan pondasi untuk membangun peradaban bangsa.

Pemahaman mengenai arti pentingnya pendidikan, akan menentukan derajat kesejahteraan lahir batin, dan futur manusia. Akan tetapi beban yang sangat berat dan memerlukan skill serta mental yang kuat, dan bagi mereka yang tidak memegang keahlian tidak diperlukan untuk berdinas di daerah terpencil atau terisolasi.

Namun berbagi terbalik bagi seorang pengajar yang satu ini, Ibu Entus Mulyanah seorang PNS, sebagai kesenang tersendiri di tugaskan di lingkungan terpencil, dia mengajar sudah puluhan tahun di SDN Mekarbakti 1 desa Gunung jampang. Kec. Bungbulang Kab.Garut.

Beberapa hari yang lalu kami menyambangi SDN Mekarbakti I dengan jarak tempuh puluhan kilo meter dari ujung jalan beraspal memakai transportasi ojek dengan biayaRp 200.000 pulang pergi. sangat layak jika SDN Mekarbakti I dikatagorikan daerah terpencil, kami sangat tercengang medan jalan sempit. Naik turun terjal dengan jurang yang sangat curam itu sangat mengerikan.

Ibu Entus Mulyanah yang terbilang senior dan paling lama mengajar di SDN Mekarbakti I, sebagianya tidak sertamerta menguasai segalanya. Sehingga peran kepala dan bendahara sekolah diaselalu mengaturnya.

Bendahara menuturkan. Saya cuma mencairkan juga menandatangani surat pelaporan pertanggung jawaban dana BOS, BSM dan yang lainya. Mengatur keuangan dan merealisasikan dana adalah Ibu Entus dan kepasek.

Dari 14 tenaga pengajar di SDN Mekarbakti 1 hanya ada 4 guru yang pangkatnya PNS, satu kepala sekolah dan 3 guru. Selebihnya tenaga honorer bahkan suami Ibu Entus pun mengajar di sekoalah tersebut, namun keatika kami bertanya kepada guru yang ada. Mereka selalu bungkam dan saling pandang dengan rekan-rekanya, lalu apa arti dari semuaitu ? hanya yang berkopetenlah yang bisa menjawab.

 

 

R.g.P.s/Red. Suara independent.