Indahnya obyek wisata dan panorama alam Gunung Galunggung Tasikmalaya terbaru yakni salah satu gunung berapi aktif di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, gunung degan ketinggian 2.167 M diatas permukaan laut ini terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikasimalaya, Provinsi Jawa Barat Indonesia. Jaraknya cuma sekitar 17 Km saja dari pusat kota Tasikmalaya.

Menurut sejarahnya, Gunung Galunggung meletus pertama kali pada tahun 1822 yang sudah menelan korban jiwa sejumlah lebih dari 4 ribu jiwa. Kemudian meletus lagi pada tahun 1894 serta memakan korban jiwa antara 500 sampai 1000 orang. Terakhir meletus lagi  pada tahun 1982 mengeluarkan lahar panas dan batu abu yang menjangkau lebih kurang 20 km ke lapisan udara maka itulah yang menyebabkan kabut abu setebal 3 cetimeter degan jarak ruangan 15 Km dari pusat semburan.

gunung galunggung

Obyek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya merupakan tempat andalan pemerintah Kab Tasikmalaya. Objek wisata alam di Tasikmalaya ini mempunyai 2 spot menarik adalah Kawah Galunggung yang mempunyai danau hijau yang jelita serta pemandian air panas. Objek wisata Kawah Galunggung ialah ruangan yang tidak jarang dikunjungi oleh anak muda dan para pecinta alam. Kawasan wisata kawah Galunggung ini tidak jarang dijadikan ruangan atau tempat foto-foto dikarenakan pemandangannya yang eksotis..

Obyek Wisatayg paling populer dan tidak sedikit dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yaitu merupakan kawah gunung galunggung. Letak kawah menawan ini berada di puncak gunung, airnya berwarna hijau dan terdapat tidak sedikit habitat laut seperti ikan warna -warni. Bagi yang hobi mancing, sanggup menangkap ikan di danau dasar kawah.

Di tengah-tengah kawah terdapat satu buah gugusan pulau mungil yang  berbentuk pulau di atasnya terdapat bendera Merah Putih sebagai bendera Negeri Kesatuan Republin Indonesia yang berkibar dengan sagat gagahnya. Tak jauh dari objek wisata kawah gunung Galunggung ini tidak sedikit terdapat warung-warung makanan yang menjajakan masakan, makanan-makanan ringan dan minuman segar membuat para  Wisatawan yang berkunjung ingin berlama-lama diatasnya.atau bermalam di objek wisata ini dapat mendirikan tenda-tenda yang terbuat dari parasut disekitar kawah tersebut.

Aspek yang tak boleh dilakukan di ruang wisata yang satu ini yaitu berenang di kawah gunung Objek wisata yang paling populer dan tidak sedikit dikunjungi wisatawan yaitu kawah. Aturan yang tak boleh dilakukan di area wisata yang satu ini yakni berenenang di kawah, dikarenakan disamping berbahaya juga terdapat mistis yang melegenda. Tidak Hanya menikmati keindahan alam kawah Galunggung, kita pula mampu berendam di ruangan wisata air panas.

Terdapat 3 jalan alternatif akses menuju Obyek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya. Yang pertama dari arah Kota Tasik adalah yaitu terminal Indihiang Sampai ke sukaratu, ke-2 dari perempatan pesantren Cipasung belok ke arah kanan, ke -3 dari Cisayong (recomended).

Untuk yang mau lebih cepat di dalam ruang terbuka menuju kawah, kita harus menempuh jalan yang terdiri dari 2 alternatif rute pendakian yang sangat menyenangkan dan sedikit berkeringat. yang pertama rute pendakian yang biasa dilalui wisatawan ialah melintasi 620 anak tangga hingga sampai ke puncak. Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Galunggung lewat rute ini, kita dapat dimanjakan oleh pemandangan alam yang mengagumkan sambil menikmati sejuknya udara segar dan angin sepoi-sepoi meniup dibawah pohon-pohon yang hijau dan rindang.

Kemudian rute dan arah ke-2 yakni menuju ke rute pembuangan air, dari pintu masuk kawah belok ke arah kiri. Panorama alam yang disuguhkan di tempat ini lebih menarik dan sangat indah sekali, karena  dihiasi oleh prasasti Pembuangan air tapi  sedikit tak berbeda dengan pintu masuk menuju puncak karena anak tangga yang dilaluinya tidak sebanyak yang pertama. Begitu ulasan penulis tentang Obyek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya, mudah-mudahan bisa jadi referensi untuk menghilangkan kepenatan dan  liburan akhir pekan  bersama keluarga tercinta atau sahabat-sahabat dekat.