Kawasan rekreasi di tasikmalaya ini lumayan integral dengan akomodasi yang menyedang untuk para tamu, toilet di areal utama warung-warung makan dengan harga yang ‘normal’ dan juga lapangan parkir yang cukup luas.

Suaraindependent.id-Laut karang tawulan diucap bagai laut artistik nang tampak di trek selatan areal jawa barat. Posisi laut Karang Tawulan berkedudukan di desa Cimanuk. kecamatan Cikalong. Tasikmalaya. Berbatasan dengan wilayah Ciamis-Pangandaran.

Daya pikat laut ini adalah konstruksi tebing yang codak ke laut. Dengan laut pasir yang indah dan sedikit menyelimpat dibagian bawah kiri dan kanan tebing dan Anda bisa turun untuk bermain di pasir pantai.

Dari penghujung pagar kuasa memandang lepas pantai samping kiri kanan tidak renggang dari situ juga terwujud pulau karang. Pulau itu lapak sarang burung camar pada waktu-waktu tertentu.

Kawasan laut Karang Tawulan sedianya leluasa dan mengantongi akomodasi yang memadai. Di lahan eminen tempat ”gawir”. Kuasa rehat di warung-warung yang tersedia sarana parkir pun tersedia cukup luas.

Jalan mengarah ke area laut dari rute terdepan pantai selatan aspal halus rutenya sih tidak panjang juga. sedikitnya antara 500 meter beberapa rute jalan menuju pantai karang tawulan tasikmalaya yang bisa Anda gunakan.

Rute Menyusuri Pantai Selatan.

Jalan yang digunakan dari Bandung  ada 2 alternatif rute

  • Rute Bandung – Pangalengan – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan. Ini jalan yang saya gunakan.
  • Rute bandung – ciwidey – pantai cidaun cianjur – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan.

Keadaan jalan yang ”abdi” lewati lumayan mulus. Barangkali lantaran galur ini sebenarnya dijadikan jalur utama dari Bandung untuk mengarah ke jalur selatan jawa barat, keadaan jalan di sepanjang jalur selatan juga bagus sekali.

Namun di antara jembatan-jembatan lebar pula yang bergelombang rute menuju laut karang tawulan di sepanjang jejer selatan relatif lempeng. Pastikan selalu cek kecepatan anda. karena seringkali ngga sadar kalau kecepatan kendaraan sudah lumayan.

Angkutan di jalur ini rada minim Insya Allah terdapat angkutan Elf rute kota biasa untuk jalan yang ini dengan jurusan biasa tidak menyisiri laut ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan dari Bandung.

Rute Bandung – Tasikmalaya – Singaparna – Cipatujah – Karang tawulan.

Rute Bandung – Garut – Jalan singaparna – Cipatujah – Karang tawulan.

Rute Bandung – Garut – Pameungpeuk – Cipatujah – Karang tawulan.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum melewati rute ini. Biasanya berupa Elf.

Dari Pangandaran

Arah Dari Pangandaran. Langkah dengan galur darat dari pangandaran mengarah laut karang tawulan menempuh waktu 1,5 jam absah larat sampai ke lokasi dan letak lokasi pantai ini tidak jauh dari gerbang perbatasan Ciamis – Tasikmalaya.

Kawasan rekreasi di tasikmalaya ini lumayan integral dengan akomodasi yang menyedang untuk para tamu, toilet di areal utama warung-warung makan dengan harga yang ‘normal’ dan juga lapangan parkir yang cukup luas.

Disamping itu terdapat gardu pandang dan beberapa gazebo di spot-spot yang strategis buat menikmati keindahan sekitar pantai.

Harga tiket masuk pantai karang tawulan terhitung murah, tiket masuk per orang Rp 3500, dan Rp 2500 untuk motor untuk kendaraan roda 4 tiket masuknya adalah Rp 10,000.

Tamu pun meruah main-main takat ke ”gawir” karang yang menjorok ke laut kebanyakan dipakai untuk spot memancing. Tidak terlalu sulit untuk menuju kesana tetapi wajib hati-hati sekali karena jika jatuh langsung ke laut dengan karang-karang yang lumayan tajam.

Meskipun sperti itu usah hawatir berhubung penginapan di sepanjang jalur selatan yang tidak jauh mengenai lokasi. Anda pun kuasa camping di area atas area bagian atas pael yang lebih terkenal dan memang banyak digunakan sebagai tempat camping oleh para pengunjung.

 

 

Red. Suara Independent