Suaraindependent.id – Keberadaan goa landak di kp.cacaban desa Sarimanggu kec.Karangnuggal Tasik selatan. Kian dikenal khalayak, warga sekitar maupun para pengunjung kerap datang ke goa bentukan alam untuk menikmati keindahan staktit dan stalagmit aneka rupa dan ukuran. Belum lagi percikan air serta derasnya air yang berasal dari goa landak yang dikenal selama ini menjadi sumber mata air yang di manfaatkan di sana.

Salah satu pengunjung sekaligus warga sekitar. Wawan mengaku sangat berharap ada sentuhan dan campur tangan pemerintah melalui dinas terkait, untuk mengembangkan potensi goa landak sebagai salah satu opsi destinasi wisata alam di wilayah selatan tasikmalaya. Wawan sangat optimis kalau ada penanganan serius dari pihak terkait, goa landak akan ramai di kunjungi pengunjung yang suka petualangan kareba mereka dapat menjelajahi kedalam goa sepanjang 200 meter. Sekaligus menyusuri sungai bawah tanah yang ada dalam bawah goa landak ini. “Kami berharap ada perhatian serius dalam mengembangkan potensi wisata alam ini” jelasnya.

Baca juga : Curug Dendeng, Air Terjun Cantik di Pesisir Kabupaten Tasikmalaya

Sementara di temui secara terpisah. Kades sarimanggu Nanang Kosim SPdi menjelaskan bahwa rencana pengembangan dan pemanfaatan goa landak menjadi objek wisata, menjadi target pemdes sarimanggu.

Pemdes sarimanggu, kades ini juga menyebut keberadaan goa landak telah lama di nikmati warga sekitar yaitu keberadaan mata air yang tak pernah mengering. Untuk kebutuhan air bersih hingga irigasi puluhan hektar sawah milik warga. “Kini keseriusan kami untuk membangun lebih dari goa landak yaitu sarana wisata alam untuk penigkatan kemajuan desa sarimanggu”pungkasnya.

 

M.z/Red. Suara independent.