Curug Dengdeng, begitu mereka menyebutnya secara administrasi terletak di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Pesisir Tasikmalaya, salah satu Kabupaten di Jawa Barat saat ini lebih dikenal dengan banyak pantai nelayan dengan wisata baharinya. Namun tidak jauh dari ombak besar khas pantai selatan jauh dari keramaian, siapa sangka masih menyimpan air terjun cantik alami yang dihiasi rindangnya pepohonan hijau.

Curug Dengdeng, begitu mereka menyebutnya secara administrasi terletak di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Jarak tempuh yang harus ditempuh menuju Obyek Wisata Curug Dengdeng ini jauhnya perjalanan hampir mencapai 90 KM dengan perjalanan yang sudah cukup bagus dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota Tasikmalaya. Kendaraan masih bisa melaju dengan baik.

Hingga Desa Cikawung Gading yang akan menjadi awal perjalanan ke Curug Dengdeng, Tidak jauh dari kantor kepala Desa terdapat Jalan masuk menuju Kampung Carigin namun setelahnya jalan sekitar 4 KM berikutnya berupa jalan makadam yang tidak begitu rata.

Selanjutnya perjalanan bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja melewati sungai kecil dan rimbunnya pohon jati, untuk penujuk jalan kita bisa mengajaklah anak-anak sekitar sebagai pemandu. Selain dikhawatirkan tersesat, juga menjadikan mereka sadar akan potensi wisata ini bagi kampung mereka.

Lama perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit dengan berjalan kaki

Sekitar dalam 30 menit berjalan kaki dan sampai terakhir akan disambut dengan jalan menurun yang cukup curam. Setelah itu kita akan disuguhi pemandangan Curug yang sangat indah di depan mata Objek Wisata Curug Dengdeng.

Turun ke Curug tingkat bawah selanjutnya bukan termasuk hal yang mudah. Curug tingkat 2 yang mempesona. Kita akan merasa puas menikmati keindahan alamnya. jika terus semakin ke bawah, kita akan menikmati sajian alam yang akan membawa kita sejenak melupakan segala beban-beban hidup kita sejenak.

Alam yang begitu fotogenic semoga terus tetap alami dan terjaga keindahannya Objek Wisata alam, Curug Dengdeng Tasikmalaya. Penting untuk diperhatikan jika akan berkunjung ke Objek Wisata Curug Dengdeng:
Cuaca akan menentukan kondisi air terjun. Sehingga saat hujan biasanya volume air akan naik dan keruh.
Bawalah untuk persediaan air minum yang cukup. Rute perjalanannya akan terasa cukup melelahkan.

Jalur untuk menuju kampung Caringin di sebelah kiri jalan. Jadi sering-seringlah bertanya pada penduduk setempat arah menuju ke curug Dengdeng saat menemukan persimpangan. Kendaraan hanya bisa sampai kampung ini. Kelebihan dari warga disini anda akan disambut keramahan orang Indonesia yang sekarang sulit ditemui.