Cireng merupakan makanan khas sunda yaitu dari kota Bandung Jawa Barat, yang di gemari oleh berbagai usia mulai anak-anak, ABG sampai orang dewasa

Tasikmalaya, Suara Independent, – Mungkin anda pernah mendengar atau mungkin heran mengapa anak-anak suka sekali dengan makanan yang  satu ini yang terbuat dari tepung aci atau tepung kanji yang di goreng. Pasti anda sudah pernah melihat jajanan khas sunda ini atau bahkan membeli Cireng Isi yang empuk dan renyah atau mungkin pernah membeli dari penjual online yang sudah cukup terkenal.

Seperti Cireng Keraton, Cireng NCC atau yang lain nya. Tetapi kalau anda penasaran dengan cara membuat nya atau bahkan berencana untuk menjualnya, kami punya Resep cireng Yang Empuk dan Renyah, simak cara-caranya dibawah ini.

Dengan harga yang sangat terjangkau dan banyak nya penjual jajanan asal Sunda atau dari Kota Bandung Jawa Barat ini, jajanan aci di goreng ini memang gampang dibeli dan disukai oleh banyak kalangan. Mulai dari anak kecil, ABG bahkan orang dewasa pun banyak yang antri hanya untuk membeli nya.

Dengan rasa yang gurih, empuk dan renyah, Cireng Bandung memang membuat orang yang memakannya ketagihan. Seperti Cimol (Aci yang di campur dengan air panas lalu di cetak menjadi bulat-bulat kecil) jajanan satu ini memakai bahan dasar tepung Kanci atau tepung Tapioka sebagai bahan utamanya.

Baca juga: Pasar Cikurubuk Sebagai Pasar Induk Kota Tasikmalaya

Ada beberapa macam jenis aci di goreng yang tersedia, mulai dari tanpa isi, ada juga yang isinya Oncom atau dengan sambal kacang. Kali ini kami akan memberikan cara mudah dan cepat untuk membuat resep cireng tanpa isi yang renyah, gurih dan lezat.

Bahan-bahan membuat resep Cireng renyah

  1. Bahan utama untuk membuat resep yang satu ini adalah 250 gram tepung Tapioka atau juga dikenal dengan nama tepung kanji atau tepung Aci. Pilihlah tepung acinya yang bersih dan bebas bau apek.
  2. Satu sendok besar atau sendok makan tepung Terigu dari merek yang anda sukai.
  3. Seperempat bubuk merica atau bida ditambah atau dikurangin sendiri sesuai selera anda.
  1. Dua lembar daun seledri dan daun bawang. Pilihlah daun yang warnanya masih segar atau yang masih hijau.
  1. 200 (ml) Santan. Bisa juga menggunakan Santan instan yang banyak di jual di toko atau warung didekat anda.
  1. Empat siung bawah putih ukuran sedang. Lebih baik memakai bawang putih lokal supaya aroma nya lebih harum dan menambahkan cita rasa para penikmatnya.
  2. Masukan satuperempat sendok teh garam dan penyedap rasa atau sesuai selera anda. Apabila anda penderita darah tinggi, sebaik nya penggunaan garam dan penyedap rasa bisa dikurangi.
  1. Masukan minyak secukup nya untuk menggoreng adonan yang sudah jadi tersebut.

Cara-cara membuat cireng yang mudah

  1. Pertama–tama, siapkan satu wadah yang bersih untuk mencampur satu sendok Terigu dan 250 gram tepung aci. Campur menggunakan spatula sampai benar benar tercampur dengan sempurna.
  1. Siapkan penggorengan dan kasih minyak sedikit buat menumis bawang putih yang sudah di haluskan. Aduk pelan pelan sampai keluar aroma harum khas bawang putih.
  1. Kemudian masukkan 200 (ml) santan yang sudah disiapkan ke dalam penggorengan tadi. Aduk pelan pelan tanpa henti sampai mendidih supaya santan tidak pecah.
  1. Setelah mendidih, matikan apinya dan masukkan santan nya ke dalam wadah tempat pencampuran tepung di langkah pertama.
  1. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil di campur atau di aduk. Untuk hasil yang rata, sebaik nya proses ini menggunakan tangan sampai campuran tepung dan santan terasa kalis. Jadi

tunggu sampai santan tidak terlalu panas sehingga bisa di aduk dengan tangan.

  1. Bentuk adonan tepung dan santan tadi sesuai selera anda. Disarankan bentuk nya tidak terlalu tebal sehingga dapat matang dengan sempurna dan tekstur nya empuk dan renyah.
  1. Langkah terakhir masukkan ke penggorengan dengan api kecil jangan sesekali membesarkan api. Penggunaan api kecil ini bertujuan supaya adonan tadi dapat tergoreng dengan sempurna, empuk, renyah dan tidak gosong.

Sebenarnya, cireng khas sunda ini bisa langsung dimakan dalam keadaan hangat. Tetapi kadang ada juga variasi yang menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkap makanan cireng tersebut. Kalau anda tidak mau repot, jajanan aci yang di goreng ini bisa juga di cocolkan ke saus sambal yang banyak tersedia di pasaran.

Atau kalau anda suka saus mayonise, ini juga bisa dijadikan teman buat makan jajanan ini. Ternyata mudah kan cara membuat Resep Cireng yang empuk, renyah dan gurih di atas. Demikian cara-cara membuat cireng yang renyah, empuk dan gurih, selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan. Selamat menikmati kelezatan cireng empuk dan renyah pasti lezattt. Artikel ini kami kutip dan kami kembangkan dari berbagai sumber.

 

P.S/I.P/Red. Suara Independent.

 

Baca juga: Seperti Apakah Wartawan Profesional Yang Benar Itu ?