Bandung Suara Independent, Oncom Bandung sama populernya dengan peuyeum (tape) Bandung. Kalau tempe yang biasa digoreng seperti di Pasar Baru Bandung itu sudah banyak dan dimana-mana ada, tempe berasal dari kacang kedelai sedangkan oncom bahannya adalah dari bungkil kacang tanah.

Oncom Bandung yang asli berwarna merah karena memang kapang yang tumbuh untuk menjadikannya oncom adalah kapang Bandung yang berwarna merah. Saya belum melihat di lain tempat ada oncom berwarna merah seperti di Bandung. Tapi saya yakin di tempat lain ada jika kondisi kelembaban dan temperatur yang sama dengan Bandung terus jenis ragi yang ditambahkannya sama pasti akan merah juga warnanya seperti yang dibandung.Oncom yang berkualitas baik kelihatan banyak kacangnya

Tapi untuk membuat makanan seperti yang saya sebutkan di atas jika ingin enak tentunya harus oncom yang kualitasnya baik. Nih saya kasih tahu, ini hanya kebiasaan istri saya kalau membeli oncom tempatnya di Pasar Kosambi Bandung.

Di pasar Kosambi Bandung itu langsung saja masuk ke pasar sayuran ada di lantai bawah bagian tengah, tanya saja dimana tukang oncom, satu gebleg (papan) harganya Rp 4.000. Kemudian ini yang penting, jangan membeli begitu saja geblegan oncom tapi harus dilihat dulu bagian dalamnya dengan cara dibelah.Kemudian lihat kualitas dari warnanya juga apakah baru diprodaksi atau yang kemarin Oncom yang baik adalah oncom yang di bagian bekas potongan geblegan oncom tersebut akan kelihatan penuh dengan kacang tanah. Yang kualitas kurang baik kacangnya jarang-jarang dan banyak ampas kelapa dan warnanya sedikit kurang menarik.Kalau sementara dibeli warnanya belum merah tidak masalah karena kapangnya belum berkembang dan baru dibuat berarti masih bertahan dua hari untuk dikonsumsi atau diolah kembali.

Oncom dijadikan kere

Jika Anda ingin membawa oncom untuk oleh-oleh jangan membawa geblegan oncom begitu saja lebih dari satu hari nanti akan busuk, tapi harus dibuat kere (dendeng) dulu supaya tahan lama baik untuk oleh-oleh maupun untuk persediaan.

Mudah kok membuat kere oncom itu, oncom geblegan itu tinggal diiris tipis kemudian dijemur atau diangin-angin begitu saja, jangan kaget kalau belum kering akan dipenuhi kapang berwarna merah, tapi kalau kere tersebut sudah kering warnanya akan biasa seperti sebagaimana oncom.Nah kere oncom bisa tahan sampai 2 bulan tapi jika sudah kering dan lebih baik lagi disimpan di lemari es, kemudian jika ingin dimasak direndam dulu dengan air biasa tapi jangan sampai terlalu lama merendamnya.

CARA MEMBUAT TUMIS ONCOM (BANDUNG) :
1. Panaskan minyak.
Tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, dan serai sampai harum.
2. Tambahkan cabai merah, cabai hijau, dan cabai rawit utuh. Aduk sampai layu.
3. Masukkan oncom, garam, gula pasir, dan leunca.
Aduk rata. Tuang air. Masak sampai meresap.
4. Tambahkan kemangi dan daun bawang. Aduk rata.

BAHAN :
2 buah (250 gram) oncom, ditumbuk kasar
3 siung bawang putih, diiris tipis
6 butir bawang merah, diiris tipis
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun salam
1 batang serai, dimemarkan
2 buah cabai merah, dibuang biji, dipotong serong

1. buah cabai hijau, dibuang biji, dipotong serong
6 buah cabai rawit utuh
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
50 gram leunca
100 ml air

2. tangkai kemangi, dipetiki
2.1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
2.2 sendok makan minyak untuk menumis

selamat mencoba dan selamat menikmati makanan khas bandung dengan keluarga saat-saat liburan atau santai setiap hari, sapaiketemu diresep-resep selanjutnya yang disajikan oleh tiem dari media Suara Independent.

Sumber makanan khas Bandung Jawa Barat & Berbagai sumber lainnya

I.Rokiin,MMa /Red. Suara Independent