Nasi uduk enak dan gurih sebagai menu untuk sarapan pagi. Resep masakan tradisional ini sudah cukup terkenal. Banyak di temukan terutama di daerah kampun yang biasanya ada di daerah pinggiran. Nasi untuk sarapan ini lebih banyak di jual pada saat pagi hari, namun terkadang juga dapat ditemukan di sore hari, biasanya di pedagang pinggir jalan. Berikut cara mudah membuatnya dengan sederhana dan praktis. bagi yang belum paham tentang cara memasaknya ini bisa belajar membuatnya di sini, silahkan mengikuti resep sederhana cara memasak dan buat nasi uduk komplit berikut.

Menu ini sebenarnya merupakan resep masakan tradisional yang dimiliki oleh beberapa daerah di Nusantara terutama masyarakat jawa dan sunda, namun hanya namamya yang sedikit berbeda. Beberapa resepnya ini, seperti : nasi uduk betawi, nasi kuning bandung, sego uduk ( jawa ), sego punar ( jawa ), dan nama nama lainnya. Kalau anda perhatikan semua resep resep tradisional tersebut menerapkan bahan dan cara memasak yang sama.

Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana

Bagi masyarakat kita sudah terbiasa dengan makan nasi sarapan dengan porsi setengah. Oleh sebab itu menu yang disajkan biasanya juga sangat sederhana karena hanya untuk ganjalan perut saja. Bagi masyarakat jawa timur khususnya kota madiun terbiasa dengan sarapan nasi pecel, sedangkan orang bandung dengan nasi kuning, nah untuk daerah jakarta khususnya msyarakat betawi sangat akrab dengan makanan yang satu ini. kota jakarta yang sering disebut sebagai kota betawi ini juga terkenal dengan nasi kebuli daging kambing yang biasanya di jual oleh para pedagang keturunan arab, memang sih nasi kebuli aslinya berasal dari timur tengah.

Namun demikian makanan ini ternyata dapat diterima oleh berbagai suku di indonesia. Seperti kita tahu bahwa daerah jakarta dan sekitarnya penduduknya berasal dari berbagai kota di indonesia dan anehnya mereka juga ramai ramai sarapan dengan menu yang satu ini. Itulah sebabnya kenapa nasi uduk betawi ini sangat terkenal. Dengan demikian kita sebagai bagian dari masyarakat indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba resepnya

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan resep masakan praktis serta petunjuk cara membuatnya yang enak dan komplit. Makanan rasanya gurih dan dilengkapi dengan sambal sederhana. Beberapa bahan tambahan biasanya kering tempe, tahu bacem, kerupuk, telur iris, mentimun, ikan teri, ayam goreng dan lainnya. Sebelum pergi ke dapur, yuk belanja kepasar untuk membeli bahan bahan yang diperlukan terutama bahan bahan pelengkapnya.

Bahan yang Digunakan

  1. Sediakan beras sekitar 500 gram. Saya sarankan pilih beras yang sedkit perak dan jangan terlalu perak, malah kurang enak nanti rasanya
  2.  Sediakan juga paling tidak 3 gelas atau kira kira 600 ml santan kental, buat santan kental dari 1 butir kelapa tua.
  3. Baik juga menggunakan daun salam sekitar 4 atau 5 lembar.
  4. Pilih juga 2 batang serai ukuran besar atau 4 batang serai ukuran sedang, jangan lupa potong bagian ujungnya dan geprek.
  5. Jangan lupa beli juga ketumbar, biar enak gunakan ketunbar bubuk sekitar ± ¾ sendok teh saja.
  6. Nah biar aromanya itu wangi ada baiknya menggunakan 2 atau 3 lembar daun pandan.
  7. Jangan lupa garam ± 1 sendok makan, atau sesuai selera.

Cara Membuat

  1.  Yang pertama tentunya membersihkan beras dari batu dan gabah, kemudian cuci hingga bersih dan tiriskan.
  2.  Kemudian kukus beras di langseng paling tidak 25 menit, lalu angkat.
  3.  Ambil panci ukuran secukupnya dan rebus santan, daun salam, sarai, daun pandan, dan jangan lupa ketumbar bubuk serta garam secukupnya. Aduk pelan pelan dan jaga jangan sampai santan pecah.
  4.  Setelah mendidih masukkan beras yang telah dikukus tadi. Untuk ukuran yang pas tinggi air santan paling tidak 2 cm diatas beras ya. Aduk aduk perlahan.
  5.  Tunggu hingga air santan kering, lantas aduk aduk sekali dan angkat.
  6.  Nah sekarang siapkan langseng bersih dan kukus beras aron. Gunakan api sedang. Masak hingga matang paling tidak 30 menit hingga 40 menit.
  7.  Angkat dan siap ditambahkan dengan bahan bahan pelengkap lainnya.

Bahan Sambal

Kacang tanah, Bawang putih, Cabe rawit , Gula pasir , Garam ,Jeruk nipis

Cara membuat Sambal

Goreng kacang tanah dengan minyak sedikit. Jangan lupa aduk aduk hingga warna sedikit coklat, ada baiknya gunakan bawang putih matang, bisa goreng bareng dengan kacang tanah biar praktis, haluskan kacang tanah goreng, bawang putih, garam, cabe rawit, gula pasir, dan garam dengan di uleg hingga halus, nah saat membuat sambalnya dapat di tambah dengan air jeruk nipis.

Biasanya menggunakan beberapa sayuran atau bahan bahan pelengkap, seperti : emping, mentimun, tahu / tempe goreng, irisan telur dadar, semur jengkol,  ayam goreng dan lainnya. Mudah lho cara menyiapkannya. Sajikan makanan ini dengan beberapa bahan sesuai selera bunda dan jangan lupa beri taburan bawang merah goreng biar tambah makjos.

Begitulah Nyonya dan nona cantik semuanya cara membuat dan menyajikannya. Ada baiknya juga belajar membuat masakan daerah sederhana lainnya seperti cara membuat nasi kuning yang gurih dan enak.