Siapa sih yang tidak kenal dengan bubur yang satu ini. Bubur Sumsum biasanya disajikan pada saat berbuka puasa. Rasa manis dari Bubur Sumsum sangat nikmat dilidah. Dalam bahasa Jawa, sumsum artinya kekuatan tubuh manusia. Sehingga Bubur Sumsum ini selalu hadir dalam upacara selamatan.
Bubur sumsum adalah jenis bubur yang sederhana, baik dari cara pembuatan maupun bahan-bahan yang digunakan. Diberi nama sumsum karena warnanya yang putih seperti sumsum tulang. Resep bubur sumsum ini sangat nikmat bila disantap panas-panas apalagi jika sudah dicampur dengan saus gula merah dan santan. Walaupun semangkok bubur kurang mengenyangkan tapi lumayan juga untuk sekedar mengisi perut di pagi hari. Apalagi jika cuaca sedang dingin bisa menghangatkan perut dan tubuh. Daripada penasaran silahkan disimak resep berikut ini.
Resep Bubur Sumsum

Cara membuat bubur sumsum ternyata sangat mudah sekali, bahan-bahannya pun mudah didapat. Bubur sumsum merupakan resep khas nusantara yang terbuat dari tepung beras yang dimasak sehingga mempunyai tekstur lembut dan ringan di lidah. Kemudian dilumuri dengan kuah air gula merah yang manis nan legit sehingga terasa maknyus di lidah. Biasanya bubur ini disajikan ketika ada anggota keluarga yang sakit atau yang mempunyai anak masih balita, karena dipercaya masakan ini mudah dicerna di lambung mungkin karena teksturnya yang lembut itu. Namun, Anda juga bisa menyajikan bubur ini sebagai santapan di pagi hari atau saat berbuka puasa. Lebih maknyus lagi jika ditemani minuman jahe hangat atau beras kencur. Oke mari kita simak cara membuat bubur sumsum berikut ini.

Bahan-bahan membuat bubur sumsum

200 gram tepung beras
1 sendok teh garam (atau sesuai selera)
2 lembar daun pandan, buat simpul (ini juga sesuai selera, jika ditambahkan daun ini maka bubur menjadi agak kehijau-hijauan)
1 liter santan
Bahan untuk kuah
250 gram gula merah, diiris halus
130 ml air
2 lembar daun pandan
bisa juga ditambahkan dengan gula pasir sesuai selera
Cara membuat
Campur tepung beras, garam, dan sebagian santan (ingat hanya sebagian saja). Aduk rata dan sisihkan dulu.
Masak sebagian santan yang tidak dicampur dengan tepung, gunakan api kecil dan aduk secara perlahan. Masukkan juga daun pandan jika Anda memakai daun pandan untuk buburnya.
Tuangkan campuran tepung beras yang sudah disiapkan sebelumnya, tuang perlahan sambil diaduk-aduk hingga mengental dan keluar gelembung-gelembung kecil.
Angkat dan sisihkan, selanjutnya kita akan membuat kuahnya
Masak air, gula merah, dan daun pandan menjadi satu
tunggu hingga mendidih, angkat lalau disaring, kuah sudah jadi
Sajikan bubur sumsum dengan dituangi kuah gula
Itulah  sekilas resep atau cara membuat bubur sumsum, semogan bermanfaat.

Red. Suara Independent