Karangnunggal akan menjadi objek wisata sejarah, yang merupakan daerah bagian selatan Tasikmalaya terdapat berbagai peninggalan-peninggalan bersejarah dari Kerajaan Galuh Jantaka

 

Suaraindependent.id– Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat,  rencananya Karangnunggal bakal jadi objek wisata sejarah. Lantaran di area itu terselip situs-situs monumental yang takat masa ini belum banyak orang tau akan keberadaan situs-situs bersejarah tersebut.

Kami mengatur bakal membangun sebentuk objek wisata sejarah baru di ” Kecamatan Karangnunggal” pelet ibarat  untuk pikat wisatawan dari luar atau dalam kota Tasikmalaya,” Ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kecamatan karangnunggal Alfian, di Tasikmalaya.

Di Kecamatan Karangnunggal ini, yang mencirikan daerah belahan Selatan Tasikmalaya, kata Alfian. Terselip plural pusaka-pusaka la jaman dahulu dari Kerajaan Galuh Jantaka sewaktu dulu.

Tinggalan itu, kedapatan di Gua Malawang, Kecamatan Karangnunggal, kaya kapak maupun artefak lainnya.

Menurut  Alfian, mengukuhi di area ”Kecamatan Karangnunggal” ini lagi ”Loba” aset-aset sejarah lainnya yang ”acan” disuai oleh tim arkeolog maupun warga setempat.

Saya yakin, masih ada peninggalan aset-aset jaman dahulu yang takat tempo ini belum kedapatan. Jika koleksi aset-aset monumental ini sudah cukup banyak ditemukan saya berencana ‘’Kecamatan Karangnungal’’ ini akan dijadikan tempat objek wisata sejarah ,” kata Alfian.

Di sana juga telah terdapat sebagian ‘’arca’’ yang diduga pusaka dari (Sunda Wiwitan). Malah menurut Alfian juga, diyakini pada jaman dulu pernah berdiri sebuah kerajaan di wilayah Karangnunggal.

Untuk membuktikan di area ini kedapatan pusaka-pusaka monumental, kami berharap penuh perihal asistensi dari ahli ”geologi maupun arkeolog” untuk terus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Supaya aset-aset monumental pusaka dari kerajaan jaman dahulu segera ditemukan,” Pungkasnya. saat di temui oleh Suara Independent Jabar di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya. Kin/Irfan.P/Suaraindependent.id

 

 

 Kin/Irfan.P/Suaraindependent.id

 

Baca juga: Objek Wisata Rumah Batu di Tasikmalaya