suaraindependent – Dulu dianggap sepele beda lagi sekarang, uang pecahan 1000 rupiah ini memiliki Detail komposisi, bagian cincin (luar): 75% copper, 25% nickel, dan bagian inti: 60-70% Copper, 40-30% Zinc.

Koin ini memiliki berat 8,61 gram dan diameter 26 mm. Di produksi tahun 90 han oleh bank Indonesia kini harganya pantastis.

Tidak sengaja ketika saya mengunungi situs jual beli online Bukalapak.com melihat ada yang menjual uang koin pecahan 1000 rupiah di bandrol dengan harga yang membuat saya kaget.
Harga jualnya tidak sama rata, ada yang menjual dengan harga Rp. 2000 sampai ada yang menjual dengan harga 15jt, wow …membuat saya terheran-heran kok bisa?

Akhirnya saya mencari informasi kenapa orang-orang menjual uang pecahan 1000 ini dengan harga yang menurut saya mahal. Dan ternyata uang pecahan 1000 produksi Bank Indonesia ini di anggap uang kuno, ada beberapa kolektor dalam negeri dan luar pun berani membeli dengan harga yang mahal.

Seperti pada waktu viral batu akik, para kolektor berbondong-bondong mencari dan membeli batu akik tersebut walaupun harganya di luar jangkawan saya.

Sebenarnya masih banyak uang kuno yang harganya sempat beratus ribu bahkan juta, uang pecahan 500 perak yang bergambar orang utan, uang pecehan 100 perak lembaran yang pinggirannya berwarna merah dan lainnya. Tapi untuk saat ini yang lagi heboh jadi perbincangan masyarakat uang pecahan 1000 rupiah ini.

Untuk anda yang masih punya atau menyimpan uang logam pecahan 1000, anda salah satu orang yang beruntung.
berharap saja ada kolektor yang mau membeli dengan harga yang anda inginkan.