Suaraindependent.id , cintawangi  tasikmalaya. Seperti hal nya desa-desa yang lain percepatan pembangunan melalui alokasi dana desa yang bersumber dari apbn atau pusat yang dianggarkan setiap tahunnya  baik inspratruktur jalan sarana prasara dan ekonomi  mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kalangan bawah maupun menengah atas.

Hal ini terlihat hiruk pikuk masyarakat disetiap desa secara bergiliran ikut serta dalam kegiatan pengerjaan inspratuktur jalan seperti  halnya  yang dilakukan oleh masyaraket Desa. cintawangi Kecamatan. Karangnunggal  kab.tasikmalaya Jawa Barat baru- baru in, i saat salah seorang wartawan  online dan cetak dari perusahaan  media susraindependent melintas di desa tersebut,  Hasil jepretan poto terlihat kepala desa cintawi Tohir E Sumarlin bersama warga sedang bekerja didampingi pula oleh team pelaksana kegiatan (TPK) Ajat.

Disela-sela istirahatnya Kepala Desa kepada suaraindenpendent  sempat berbincabg-bincang , beliau sangat santun sekali dalam bertutur kata dan menjelaskan tetang program pembangunan yang sedang dilaksanakannya,  sampai saat ini belum turun anggaran padahal pembangunan tahap pertama sudah mencapai 30 % tapi dananya belom cair, sehingga sangat membebankan kepada pihak suplayer  yang memberikan dana talang berupa bahan2 material keluhnya. Tapi alhamdulillah melihat semangat masyarakat disini secara bahu- membahu dan bergantian ikut serta dalam proses pengerjaan TPT yang menyerap dana DD Pusat sebesar  RP.158.082.800,- dengan volume panjang 100m X  7 m untuk tahapan awal yang terfokus satu titik dihalaman Desa.

Ditempat yang sama Ketua TPK juga menjelaskan untuk pencairan tahap kedua dan ke tiga dibagi menjadi  7 titik yakni 4 titik pada tahap kedua yaitu untuk pembanguna Gedung sarana pendidikan TK dengan volume 7m X 5m yang terletak dikedusunan Cigembor dengan menyerap anggaran sebesar Rp.87.600.000,- Kemudian pembangunan Gedung sarana pendidikan MDA volume 11m X 6m dikedusunan Vojongkawung yang menyerap anggaran sebesar Rp. 148.401.000,-  sealain itu pembanguna TPt jalan desa  70m X 1,5m dengan menyeraf anggaran  sebesar Rp.55.000.000,- dan pembangunan jalan satapak dikedusunan cigembor sepanjang  150m X 1m dana yang dianggarkan sebesar Rp.25.164.600,- .

Kemudian untuk tahap terahir  atau tahap ke tiga difokuskan pada  tiga titik yang masing-masing  diperutukan untuk  pembangunan Gedung sarana kesehatan berupa Posyadu dengan anggaran sebasar Rp. 97.074.600,- dan TPT jalan desa  dengan menyeraf anggaran sebesar Rp.104.091.000,- untuk dua titik dari total keseluruhan tahun anggaran 2018 sebesar Rp.790.414 000,-. Mudah –mudahan untuk tahun anggaran berikutnya semua sarana dan prasarana bisa terrealisasi sehingga target pemerintah untuk meningkatkan inspratuktur disetiap wilayah bisa tercapai, sehingga akses perekonomian masyarakat juga ikut meninggat pungkas kades Tohir yang saat itu didampingi ketua tpk desa cintawangi,. Ir.sij