Sukabumi, Suara Independent.
Kasus Kesalahan Data Peserta BPJS kesehatan ini diketahui pada saat Firmansyah yang beralamat di jl. PelabuhanDua desa cikembar kabupaten sukabumi, pada tanggal 08 Maret 2018 mendatangi kantor BPJS Kesehatan Sukabumi dengan maksud akan mendaftarkan sebagai Peserta BPJS Kesehatan sebagaimana yang menjadi Hak sebagai Warga Negara Indonesia.

Perlengkapan bagi syarat adiministrasi sudah dilakukan dan dibawa semua, “saya ketika di dalam kantor BPJS Kesehatan Sukabumi disuruh untuk mengisi Formulir Pendaftaran sebagaimana prosedur semestinya bagi pendaftar awal peserta BPJS.” pungkas Firmansyah. Kemudian katanya “Pada saat berkas data semua ada dan formulir di isi, setelah proses input data oleh petugas di kantor BPJS Kesehatan Sukabumi disampaikan bahwa an. Firmansyah sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Tenaga Kerja dari PT. Federal Izumi Manufacturing di cibinong dan status peserta masih aktif terdaftar di BPJS Kesehatan Cibinong”.
Lanjutnya memberikan penjelasan, Pada saat itupun Oleh petugas dan pejabat di kantor BPJS Kesehatan Sukabumi menyarankan agar didapatkan kejelasan langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan Wilayah Cibinong.

Ada kejanggalan dalam kasus ini, yang tentu mengherankan Data Firmansyah yang bersipat rahasia pribadi bisa digunakan oleh orang lain untuk daftar BPJS padahal Firmansyah sebelumnya tidak pernah bekerja di perusahaan tersebut dan tidak merasa mendaftarkan BPJS.
“kartu bpjs nya yang dilihat secara online an. Firmansyah ini, alamat dan identitas nya sama milik data pribadi saya semuanya, cuman status nya bpjs tenaga kerja dari PT. Federal Izumi, dan saya tidak pernah bekerja diperusahaan itu. ” kata Firmansyah menjelaskan pada awak media suara independent.
Dari keterangan sumber lain pun didapat informasi dari Pihak Dukcapil sukabumi mengenai Data Pribadi Kartu Keluarga (KK) firmansyah tidak ada masalah.

Pada Kamis, 15-03-2018 siang hari nya firmansyah langsung mendatangi kantor BPJS cibinong dan membuat Laporan pengaduan tertulis dengan pendampingan Hukum dari Dewan Pimpinan Resimen Pembela Tanah Air (PETA SILIWANGI) Sukabumi untuk di lakukan klarifikasi atas kasus yang menimpanya.
Pihak BPJS Kesehatan Cabang Cibinong membenarkan bahwa “Data an. Firmansyah memang terdaftar Peserta BPJS Tenaga Kerja dari PT. Federal Izumi dan dari informasi pihak HRD Perusahaan untuk pengecekan Data pekerja, memang ada nama firmansyah”, Konfirmasi Bu Dewi dari BPJS Kesehatan cibinong.

Firmansyah dalam hal ini merasa di rugikan, baik materil maupun immateril “saya sangat perlu BPJS untuk persalinan Istri yang akan melahirkan, disamping rugi juga korban tenaga waktu dan juga finansial untuk mengurus kasus ini yang tidak disangka bakal terjadi begini.” ujarnya.

Oleh karena itu Firmansyah berharap Agar dapat segera di usut tuntas sampai kepada sumber masalahnya, di pulihkan kembali Hak nya sebagai pemilik Identitas Asli an. Firmansyah dalam pendaftaran BPJS Kesehatan sehingga dapat menggunakan fasilitas kesehatan sebagaimana Hak sebagai warga Negara yang di lindungi aturan perUndang-undangan, sesuai
Ketentuan Dasar Hukum merujuk pada Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 52, UU N0. 24 tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.
Adapun dari Pihak Perusahaan PT. Federal Izumi belum ada klarifikasi secara resmi Yang disampaikan atas kasus ini.

Penulis : Firman Santosa, SE