Semburan lumpur panas bercampur air terjadi di kampung Sindangrasa Desa cigunung kecamatan Parung ponteng kabupaten Tasikmalaya senin 23 oktober 2017 sekitar pukul 11.00 wib.

Peristiwa ini terjadi diakibatkan proses pembuatan sumur bor yang rencananya sedalam 100 meter yang dibiayai oleh program pemerintah dalam program kekeringan,kejadian semburan ini terjadi disaat pengeboran baru mencapai 45 meter dimana semburan lumpur mencapai ketinggian 15 meter pada saat pertama kejadian namun hingga pukul 18.00 ketinggian semburan lumpur mulai berkurang sampai 30 centimeter.

Menurut petugas penanggulangan bencana (BPBD) kabupaten Tasikmalaya,H Ria Supriatna mengungkapkan semburan lumpur dan air panas ini tidak mengandung gas dan proses pengeboran dihentikan sementara menunggu hasil penelitian badan geologi yang telah menerima laporan dari team BPBD.

Untuk sementara ini BPBD kabupaten Tasikmalaya menerjunkan petugas untuk siaga dilokasi semburan guna memantau terus perkembangan semburan yg sangat dihawatirkan akan berdampak pada masyarakat sekitar lokasi pengeboran.sij.007