*Pelayanan BPJS Cabang Kota Bekasi Mengecewakan dan Tidak Profesional*

BEKASI,SUARA INDEPENDENT.ID
Pelayanan BPJS Cabang Kota Bekasi yang terletak di jalan Veteran No. 62 Marga Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi sangat Mengecewakan dan Tidak Profesional didalam Pelayanan Pendaftaran Peserta Baru dan hal ini dialami langsung sendiri oleh pak Mangatur Siregar selaku Ketua DPW Ikatan Media Online (IMO) Provinsi Jawa Barat dan Ketua DPC Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kota Bekasi pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2017 sekitar pukul 16.00 wib ketika mendaftarkan Peserta Baru atas nama Ibu Melpi Hernawati Sinaga dengan berbekal SURAT KUASA sebab yang bersangkutan tidak dapat melakukan pendaftaran sendiri karena kondisi kehamilan yang sudah tua dan jarak yang cukup jauh dari tempat domisili namun pihak BPJS dengan petugas sdri. Dita dan sdr. Aang bersikukuh tidak dapat mendaftarkan Peserta tersebut dengan alasan yang kurang jelas dengan dalil bahwa pendaftaran tidak dapat diwakilkan/dikuasakan oleh orang lain selain yang terdaftar di Kartu Keluarga Peserta (aturan yang dibuat oleh BPJS sendiri.Red), pak Mangatur Siregar protes serta memperkenalkan diri dengan menunjukkan Kartu Anggota Pers agar tidak ada anggapan sebagai calo namun respon pihak BPJS tetap tidak bergeming dan tidak memberikan jalan keluar. Berselang beberapa waktu ketika pak Siregar meminta harus bertemu langsung dengan pimpinan maka muncullah sdr. Ismail mencoba menengahi dan membantu untuk mendaftarkan.
Pihak BPJS lupa bahwa Surat Kuasa adalah legal yang dijamin oleh undang undang, Menurut Pasal 1792, Pasal 1793 dan 1795 KUH perdata, yang mana Surat Kuasa yang digunakan untuk melimpahkan wewenang dari pihak lain. Pihak lain tersebut akan mewakili pihak pemilik wewenang dan mempunyai otoritas penuh terhadap objek pelimpahan kuasa seperti yang disebutkan dalam surat kuasa tersebut. Apakah pihak BPJS tidak paham apa surat kuasa? Paling fatal sdri. Dita menelepon Calon Peserta secara diam-diam tanpa izin, tindakan ini illegal karena tidak sesuai tujuan nomer telepon dilampirkan di dalam Formulir Pendaftaran. Semoga hal ini menjadi pembelajaran kepada pihak BPJS cabang Kota Bekasi agar meningkatkan pelayanan yang lebih baik tidak melakukan birokrasi yang berbelit-belit yang merugikan pihak lain yang tidak mendukung Visi Misi BPJS yaitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan yang Berkeadilan kepada peserta dengan memperkuat kapasitas dan tata kelola Organisasi yang didukung oleh SDM yang berkualitas (ms).