Desa Cibalong Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Melakukan study banding ke Desa Maguwoharjo Kec.Depok Kabuanten Sleman (DIY)

Suaraindependent.id – Badan Permusyawarahan Desa ( BPD ) merupakan suatu lembaga desa yang sangat memegang peranan penting di tingkat desa dalam segala hal. Pembangunan pisik maupun non pisik yang akan dilaksanakan oleh pemerintahan tingkat desa sekaligus sebagai badan pengawas dalam hal pelaksanaannya.

Dalam hal ini Badan Permusyarahan Desa ( BPD ) desa Cibalong Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Telah melakukan study banding ke Desa Maguwoharjo kecamatan Depok kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kunjungan ini dilaksanakan dari tanggal 3 mei sampai dengan tanggal 5 mei 2017.

Adapun dari kegiatan ini diikuti oleh 5 orang anggota BPD Desa cibalong yaitu:

  1. Ana Rohana ketua
  2. .Agus wakil ketua
  3. Kusmayadi Sekretaris
  4. Dodi Bendahara
  5. Rosi anggota.

Kegiatan tersebut dibiayai dari APBD desa Cibalong sebesar 8 juta. Dengan nilai tersebut yang minimal pihak BPD Cibalong berusaha semaksimal mungking memanfaatkannya untuk melaksanakan kegiatan yang hasilnya mudah mudahan bisa diterapkan di Desa Cibalong walaupun dengan kondisi yang berbeda.

Menurut Ana Rohana ketua BPD desa Cibalong saat ditemui suara independent. Menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah guna meningkatkan kinerja Badan Permusyawarahan Desa (BPD). Dimana hasil kunjungan tersebut bisa dijadikan tolak ukur bagi  desa Cibalong dalam segala hal.

Dikarenakan Desa Maguwoharjo merupakan desa yang sudah sangat maju dengan banyak prestasi ditingkat Nasional. Dengan APBDes nya yang mencapai 56 milyar per tahun merupakan sebuah nilai yang sangat besar.

Desa Maguwoharjo dengan luas wilayah 15.010.800 m² dan jumlah penduduk kurang lebih 27.000 jiwa terdiri dari 20 dusun. Dengan besarnya anggaran yang dimiliki setiap tahunnya sehingga semua pasilitas kantor desa sangat lengkap.

Dikatakan Ana Rohana beliau sangatlah tercengang melihat pasilitas kendaraan operasional desa yang jumlahnya ada 4 unit. Dimana salah satunya kendaraan untuk operasional kepala desa merupakan kendaraan yang cukup mewah, dan beliau mengutarakan kekaguman dalam hal rapat pemerintahan desa.

Dengan semua lembaga yang ada dilaksanakan secara intensip setiap hari rabu dan saptu, juga laporan pertanggung jawaban kepala desa dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dibulan juli dan akhir desember. Honorarium/insentip dari PADes untuk anggota BPD nya saja sebesar 1,5 juta per bulan berbanding terbalik dengan BPD desa cibalong yang hanya 50 ribu per bulan.

APBDes desa maguwoharjo yang sangat besar tersebut paling besar didapat dari pendapat asli desa hasil usaha/retribusi

  1. Lapang terbang Adi Sucipto
  2. lapangan Sepak bola slemania
  3. Rumah sakit
  4. Hotel
  5. pariwisata
  6. pasar
  7. desa

Dan masih banyak yang lainnya. Untuk rumah kontrakan dan kos kosan tidak ditarik retribusi dikarenakan merupakan program desa dalam mensejahterakan masyarakat dan membantu para mahasiswa. Yang sangat banyak dari luar daerah yang tinggal di daerah tersebut sehingga bisa mendapatkan sewaan tempat tinggal yang murah.

Menurut Ana. Implementasi dari kegiatan ini sebagai rollmodel kegiatan pemerintah desa untuk dikembangkan di tasikmalaya walaupun dengan situasi yang berbeda. Bahwa perubahan desa tidak mudah tapi tidak terlalu sulit.

Desa tidak bisa dipandang secara romantis (bahwa kehidupan desa mengandung harmonisasi semua aspek berjalan baik dan semua orang desa bertindak baik). Tetapi juga perubahan desa tidak bisa dilakukan tanpa melalui pembelajaran dan pendampingan pasilitatip yang utuh, intensip dan mendalam.

Bukan hanya pembinaan inpositip dari pemerintah dan ini merupaka salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk merekayasa perubahan secara baik.

Ucapan terimakasih di sampaikan untuk Kepala desa dan seluruh staf desa maguwoharjo.

BPD desa Cibalong kecamatan Cibalong kabupaten Tasikmalaya juga mengucapkan terima kasih. Dalam segala hal kepada Bapak H Ilmindi Tasmianta Spd selaku kepala desa dan Bapak H Saliman Sag selaku Ketua BPD beserta semua staf. Desa maguwoharjo kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga : Berita Terbaru Kecelakaan Vario Maut di Cibalong Kabupaten Tasikmalaya