sejarah hari buruh di indonesia

sejarah hari buruh di indonesia

May day setiap tanggal 1 mei telah di Peringati oleh buruh di indonesia, sebagai Hari Buruh nasional di Indonesia sejak tahun 1920.

 Suaraindependent.id – sejak masa pemerintahan Orde Baru (Soeharto) hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia. Hal Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30SPKI (tahun 1965). Komunis di larang keberadaannya di Indonesia.
Semasa Orde Baru (Soeharto). Aksi untuk memperingati May Day masuk kategori aktivitas subversif, karena May Day saat itu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi tersebut jelas tidak tepat. Karena mayoritas negara di dunia ini (yang mayoritas menganut Prinsip nonkomunis bahkan yang memiliki Paham antikomunis). Telah menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari Buruh dan menjadikan hari tersebut sebagai hari libur nasional.

Setelah era Orde Baru tumbang.

Meskipun 1 Mei bukan hari libur. Namun setiap tanggal tersebut kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan mengadakan demonstrasi di berbagai kota.

Ketakutan bahwa gerakan massa buruh yang dimobilisasi setiap tanggal 1 Mei akan menghasilkan kerusuhan, ternyata tidak pernah terbukti. Sejak peringatan Hari buruh tahun 1999 tidak pernah ada tindakan destruktif yang dilakukan oleh massa buruh yang masuk kategori “membahayakan ketertiban umum / negara”. Yang terjadi bahkan sebaliknya, yaitu tindakan represif aparat keamanan (Polisi / SatpolPP) terhadap kaum buruh. Karena mereka masih memegang paradigma lama yang memandang peringatan. Hari Buruh adalah subversif dan disokong gerakan komunis.
Kemudian pada Tahun 2013. Pemerintah berkeinginan menjadikan Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei. Sebagai hari libur nasional dan memperingatinya juga sebagai Hari Buruh nasional. Menurut rencana, hal itu akan terealisasi mulai tahun 2014
Di Indonesia. Peringatan Hari Buruh 1 Mei diperingati dengan melakukan demonstrasi besar-besaran di berbagai kota besar seperti Surabaya. Jakarta. Bandung. Semarang dan kota kota besar lainnya. Kebanyakan orasi demonstran (buruh) menuntut penghapusan system outsourcing dan kenaikan upah.
 Sekian Artikel tentang Sejarah Hari Buruh Indonesia. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Khusunya dalam memaknai peringatan Hari Buruh (May Day) yang selalu kita peringati setiap tanggal 1 May.
I.R/Red. Suara Independent.