Singkong keju Thailand

Cara-cara membuat singkong keju dari Tahailand ini ternyata sangat mudah untuk kita pelajari di rumah, dan bahan-bahannya juga sangat mudah di temukan di Nrgara kita loh!

 

Suaraindependent.id– Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang dikenal ekonomis di Indonesia. Tanaman yang satu ini kaya akan karbohidrat, tak heran jika singkong menjadi makanan pokok di sebagian wilayah di Indonesia.

Singkong juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan, karena rasa khasnya yang tawar, singkong juga dapat diolah menjadi hidangan manis maupun hidangan gurih.

Salah satu hidangan singkong yang paling mudah dibuat adalah singkong rebus. Selain itu, masih banyak lagi olahan yang berbahan dasar dari singkong tersebut, seperti singkong goreng, kolak singkong, keripik singkong, getuk singkong, kue sawut singkong, singkong keju, dan masih banyak lagi yang bisa dibuat dari berbahan dasar singkong.

Pada kesempatan kali ini, kami bagikan kepada Anda cara-cara membuat makanan atau cemilan yang berbahan dasar singkong yang berasal dari negara gajah tersebut, Thailand. Singkong ini sangat terkenal di negara asalnya.

Karena rasanya yang lezat dan berbeda dari olahan singkong lainnya, hidangan yang satu ini menjadi terkenal di beberapa negara di belahan dunia, termasuk di negara kita Indonesia. Resep singkong keju lebih lengkapnya telah kami rangkum untuk Anda di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Singkong Thailand diantaranya

  • Singkong sebanyak 800 gram
  • daun pandan sejumlah 2 lembar
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Garam halus sebanyak 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Air bersih sebanyak 1,5 liter

Bahan-bahan untuk membuat sausnya

  • Santan kental sebanyak 500 ml
  • Larutan tepung maizena yang terbuat dari 1 sendok makan tepung maizena dan tambahkan sedikit air
  • Daun pandan sejumlah 2 lembar
  • Garam halus sebanyak 1 sendok teh

Bahan-bahan untuk topping

  • Santan secukupnya
  • Keju parut sebanyak 1 kotak

Cara membuat Singkong Keju Thailand

  1. Kupas, bersihkan, dan potong-potong singkong kurang lebih 5 cm.
  2. Belah potongan singkong dan buang sumbunya.
  3. Rebus singkong dengan tambahan daun pandan.
  4. Setelah singkong empuk dan terlihat transparan, tambahkan gula pasir, garam halus, dan vanili bubuk. Aduk-aduk singkong perlahan-lahan dan tunggu hingga airnya menyusut, lalu angkat singkong dan tiriskan.
  5. Buat sausnya dengan cara mencampurkan santan dengan larutan tepung maizena, daun pandan, dan garam halus.
  6. Aduk bahan-bahan tersebut perlahan-lahan sampai mengental dan meletup-letup. Lanjut merebusnya hingga 2 menit lagi. Lalu matikan api.
  7. Ambil wadah dan letakkan singkong, lalu siram saus kental di atasnya. Beri tambahan santan dan keju parut sesuai selera.

Hidangan ini dapat dinikmati sebagai camilan bersama dengan keluarga tercinta atau teman-teman Anda disaat sedang santai menonton acara televisi. Selamat mencoba!!!

Baca juga: Cara Membuat Cimol Enak Gurih Dan Lezattt.!!!

 

IRFAN.P./RED. SUARA INDEPENDENT.