Jembatan retak dan berlubang akibat hilir mudik kendaraan berat over tonnase. Membahayakan bagi pengguna kendaraan saat melintasi jembatan tersebut.

Suaraindependent.id – Jembatan Cikawungading di kec. Cipatujah terancam ambruk akibat keretakan dan lubang badan kontruksi lantai jembatan yang menjadi penghubung Jalur Jawa barat selatan ini. Di sinyalir rusaknya jembatan sepanjang 40 meter yang di bangun tahun 1991/1992.

Ini akibat hilir mudiknya kendaraan berat bermuatan pasir cor yang di sinyalir kuat bermuatan overtonnase. Pada bagian alas jalan terlihat lubang mengangah serta keretakan parah pada kontruksi beton. Lantai jembatan tersebut sehingga membahayakan para pengguna kendaraan bermotor saat melintasi jembatan tersebut.

Kerusakan jembatan Cikawungading yang berada di jalur lintas jawa barat selatan ini terjadi sejak 4 bulan silam, dan sampai saat ini belum ada upaya perbaikan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.  Hal ini ini disampaikan kepada Suaraindependent.id olah saudara Nanang, salah satu warga sekitar.

Menuturkan kerusakan yang terjadi pada kontruksi utama dan alas jembatan Cikawungading sangat membahayakan pengguna jalan. Terutama kendaraan bermuatan berat karena saat mereka melewati jembatan ini, selain di kuatirkan terperosok dalam lubang di salah satu sudut jembatan sepanjang 45 Cm. “

Saat ada kendaraan berat lewat jembatan ini terlihat goyang dan menipis sampai beberapa centimeter dari tinggi semula pada kontruksi jalan pada jembatan ini”jelasnya.

Seorang pengendara motor iwan kustiwan. Menuturkan kondisi saat ini lebih membahayakan pasalnya lempengan besi yang di pasang petugas dari dinas bina marga provinsi Jawa barat 2 bulan silam. Untuk menutup lubang pada ujung jembatan, telah di ambil untuk di pasang di salah satu jembatan rusak di wilayah pangandaran sepekan lalu.

Akibatnya terlihat lubang dan renggangan jembatan terlihat dan sangat membahayakan pengguna jalan. Untungya warga yang tinggal sekitar jembatan berinisitif memasang peringatan seadanya hingga menaruh ban mobil bekas di sekitar lubang menganga tersebut.

Ancaman terperosok dan celaka mengancam pengguna jalan saat malam hari karena di lokasi ini sangatlah gelap saat melam hari” keluhnya.

Baca juga : SALAH SATU JALAN AMBLAS YANG DIABAIKAN PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

Sementara salah satu tokoh Tasik selatan.

Ade Karyana berharap. Pemprov jabar maupun pemkab Tasikmalaya segera bereaksi dengan kondisi jembatan ini. Karena dapat menyebabkan ancaman bagi keselamatan pengguna jalan, selain itu tindakan tegas harus di ambil kepada kendaraan berat yang di sinyalir bermuatan melebihi ketentuan berat muatan.

Kami menuntut secepatnya jembatan Cikawungading segera di bangun kembali karena sangat membahayakan”pungkasnya. /Mz/Ir.SIJ