6 Tips menjalankan Puasa Ramadhan agar lancar

6 Tips menjalankan Puasa Ramadhan agar lancar

Puasa ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat islam di seluruh dunia. Jika kita tidak berpuasa di bulan ini, kita wajib menggantinya di kemudian hari.

Suaraindependent.id – Ibadah puasa berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya, puasa merupakan hubungan langsung antara hamba dengan sang pencipta. Yang mengetahui seorang hamba puasa atau tidak hanyalah Allah SWT dan orang itu sendiri.

Puasa sangat begitu berat bagi orang-orang yang tidak tahan dengan godaan yang datang kepadanya. Tapi di bulan suci inilah kita dilatih untuk mengendalikan kesabaran dan  hawa nafsu kita.

Maka dari itu bulan syawal disebut bulan kemenangan bagi orang-orang yang berhasil mengendalikan hawa nafsu mereka ketika di bulan ramadhan. Agar kita bisa menjalankan puasa badan kita harus tetap fit.

Tips untuk menjaga badan supaya tetap segar bugar saat menjalankan puasa, cobalah ikuti beberapa tips yang akan kami bagikan untuk Anda.

Berikut adalah tips-tips agar tubuh tidak mudah lemas ketika sedang berpuasa :

  1. Sahurlah ketika mendekati waktu imsyak, waktu yang tepat untuk sahur adalah setengah jam sebelum waktu imsyak.
  2. Hindari makanan yang mudah dicerna yang aktifitasnya begitu padat, sebaiknya hindari makan-makanan yang mudah di cerna seperti bubur ayam, lontong sayur, makanlah makanan berat seperti nasi, kentang, ketela dan jagung. ingat! perbanyak makan buah dan sayur.
  3. Hindari minum dan makan makanan yang mengandung santan atau minuman yang mengandung santan, hal itu akan membuat tubuh menjadi lemas, sebisa mungkin jangan makan nasi uduk atau minum kolak saat sahur.
  4. Perbanyak minum air putih saat menjelang imsyak Minuman manis adalah salah satu penyebab yang membuat kita cepet atau haus. Alangkah baiknya perbanyak minum air putih menjelang imsyak, air putih juga mampu menetralisir efek dari minuman manis.
  5. Ingat jangan sesekali Andatidur sehabis sholat subuh, tidur setelah sholat subuh akan membuat tubuh Anda lemas. Tetapi untuk penderita insomnia, waktu subuh adalah kesempatan baginya untuk melakukan tidur. Khusus penderita insomnia diharuskan untuk mandi pagi agar menghilangkan efek lemas karena tidur saat subuh.
  6. Lakukan aktifitas yang Melakukan banyak kegiatan ketika berpuasa mampu membuat kita lupa kalau kita sedang berpuasa. Aktifitas yang begitu padat mengakibatkan waktu terasa begitu sangat cepat, Sehingga tak terasa sudah waktunya berbuka puasa.

Itulah tadi tips-tips yang bisa kami bagikan kepada Anda, agar Anda tidak mudah cepat lelah ketika sedang menjalankan puasa. Semoga bermanfaat!!!

Baca juga:Menjelang Bulan Ramadan Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 3 Kg

 

 

 

Ikin.R/Red. Suara indpendent.