Bumdes menjadi tolak ukur di suatu desa untuk pelucuran dana dari pemerintah pusat yaitu Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN.

Suaraindependent.id – BUMDES ( Badan usaha milik desa ) merupakan suatu wadah usaha milik desa. Yang didalamnya bergerak diberbagai kegiatan bidang yang seharusnya dikelola oleh usaha masyarakat. Dan pendiriannya pun sudah memiliki payung hukum yang kuat.

Baca juga : PEMBELAJARAN DAN KEDEWASAAN

Apabila disuatu desa belum berdiri Bumdes maka hal ini akan menjadi tolak ukur bagi pengucuran dana dari pemerintah pusat yaitu Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN. Sebagai lembaga sosial kontrol dan masyarakat berkewajiban untuk mengawasi dan mendampingi, dalam peng alokasian dana tersebut. Hal ini demi lancarnya sistem dalam penggunaan anggaran supaya tidak ada yang menyalahgunakannya atau terjadi kebocoran.

Berikut ini adalah bagan dan peraturan yang mengikat. Dalam penggunaan anggaran baik dari APBN maupun ABD :

Demikian sekilas tetang bagan dan struktural serta peraturan yang memngingat tentang penggunaan Anggaran Dana Alokasi Desa. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Ayooo kita bersama-sama untuk mengawasinya demi terciptanya transparansi dalam penggunaan anggaran tersebut.

I.r.P.s/Red. Suara Independent.