Ternyata ini alasannya, Muka manusia seketika berubah ke merah-merahan ketika manusia tersebut sedang merasakan malu yang sangat luar biasa.

Suara Independent. Dipuji orang terkadang membuat kita bangga dan tersanjung, apalagi kalau yang memuji adalah orang yang kita sayang seperti pacar. Wajah menjadi memerah dan malu-malu. Cieee…!

Tapi kalian tahu tidak? Kenapa wajah kita menjadi seperti itu?
Kalian yang tidak tahu Mengapa Wajah Kita Memerah Saat Merasa Malu, baca artikel ini yah, karena Sejuta Fakta sudah memiliki jawabannya. Inilah Kenapa Wajah Kita Memerah Saat Sedang Malu.

Sebenarnya mengapa manusia bisa merasakan malu. Karena sebuah fenomena yang sulit diterangkan bahkan oleh para ahli sekalipun. Namun mengapa pipi kita menjadi kemerahan saat sedang merasa malu bisa dijelaskan secara sains.

Jadi rupanya perasaan malu dan tertekan yang dirasakan oleh manusia masuk kedalam golongan (ancaman) dan (serangan) dari luar yang bisa memicu  fight-or-flight response. Apa itu?

Kondisi psikologis ketika merasa terancam dan mendapat serangan dari luar. Respon alamiah inilah yang kemudian membuat makhluk hidup memutuskan apakah akan pergi atau justru bertahan dan melawan.

Yang perlu diketahui adalah respon ini bersifat natural dan alamiah, jadi sepenuhnya dikendalikan oleh sistem refleks tubuh dan tidak bisa kita dikendalikan sendiri.

Itulah mengapa ketika kita sedang merasa malu, timbul perasaan sangat tidak nyaman dan keinginan yang kuat untuk buru-buru pergi, tubuh kita juga merespon dengan beberapa hal, diantaranya adalah diproduksinya hormon adrenaline di dalam tubuh.

Adrenaline ini bertanggung jawab atas detak jantung yang semakin cepat, metabolisme yang berkurang intensitasnya serta pembuluh darah yang melebar untuk mengimbangi pompaan jantung yang meningkat tadi.

Sedangkan di beberapa bagian tubuh pembuluh darah melebar lebih dari yang lain, dan posisinya dekat sekali dengan permukaan kulit. Salah satunya di bagian pipi. Itulah mengapa orang yang sedang malu pipinya akan terlihat merona merah dari luar.

Demikianlah artikel tentang penjelasan mengapa wajah memerah ketika sedang merasakan malu. Nantikanlah artikel-artikel selanjutnya.

 

Bacajuga: 5 Fakta Mengejutkan Tentang Hewan Yang Harus Diketahui

 

Seni.N./Red.Suara Idependent.