Fakta-fakta unik hewan yang harus Anda ketahui, hal ini sangatlah tidak asing bagi kita namun kebanyakan dari kita tida menyadarinya, bahwa itu adalah hal unik dari hewan tersebut

 

Suara Independent. Bagi anda yang belum tau tentang fakta-fakta unik hewan di bawah ini. Saya akan menjelaskan apa saja fakta-fakta unik yang ada pada diri hewan-hewan tersebut. Supaya Anda tidak merasa makin penasaran, langsung saja yukk kita bahas hewan-hewan apa saja yang mempunyai fakta-fakta unik diantaranya:

 

Tikus Suka Baper

Tikus Rumahan

Tikus Rumahan

Bukan manusia saja yang bisa (baper) alias terbawa perasaan. Tikus juga begitu. Hewan pengerat ini nggak bisa tinggal diam ketika ada temannya yang bersedih. Tikus dapat mengetahui perasaan sedih dan sakit yang dialami tikus lain.

Informasi kesedihan ini lalu dipakai tikus untuk mengubah perilakunya. Perubahan ini supaya tikus tersebut nggak mengalami hal serupa dengan tikus yang sedang bersedih itu. Pintar, ya!

Belalang Tidur Lama

Belalang

Belalang

Belalang menjadi hewan yang tidurnya lebih panjang dari pada manusia. Kalau manusia membutuhkan delapan jam untuk tidur, belalang  Magicicada septendec bisa tidur selama (13 sampai 17) tahun.

Jenis belalang ini tergolong langka karena siklus hidupnya yang lama. Seranga ini akan bertelur di dekat akar pohon. Magicicada septendec muda ini mengalami lima siklus pertumbuhan di dalam tanah.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, Amerika Serikat, belalang ini kemudian bermetamorfosis menjadi serangga bersayap dan keluar dari sarangnya.

Sayangnya, belalang yang sering disebut dengan nama Pharaoh cicada ini akan mati setelah 2 sampai 3 minggu setelah keluar dari sarangnya. Kasihan sekali, hidup serangga  ini di atas tanah cuma sebentar.

Kumis Kucing Penting

Kucing

Kucing

Mengapa( kucing) jarang banget terjatuh ketilka loncat dari tempat yang tinggi? Tentunya, ini karena kucing punya keseimbangan tubuh yang tinggi. Ternyata, letak pengatur keseimbangan kucing  ada di bagian (kumisnya).

Saat (kumis kucing) rusak atau dipotong, hewan ini bakal sulit banget berjalan. (kumis kucing) nggak cuma berada di dekat mulut saja. Tapi, ada juga di sekitar mata dan di pergelangan kakinya.

Selain untuk keseimbangan, kucing juga menggunakan (kumisnya) untuk mengukur lebar sebuah lubang. (Kumis kucing) juga berfungsi untuk mengetahui letak mangsanya ketika berburu.

Babi Nggak Berkeringat

Babi

Babi

Banyak yang bilang (babi) itu hewan yang jorok karena sering main di kubangan lumpur. Sebenarnya, babi punya alasan untuk melakukannya. Soalnya, hewan yang satu ini nggak bisa (berkeringat).

Menurut penelitian Wageningen University, Belanda, babi punya sedikit kelenjar (keringat) dan banyak lemak tubuh. Hal ini membuat suhu tubuh babi menyimpan banyak suhu  panas. Berkubang di lumpur membuat panas tubuh tersebut turun hingga 2 derajat celcius.

Ini karena lumpur lebih lama menguap ketimbang air dingin. Tentunya, hal ini membuat babi merasa lebih nyaman.

Koala Nggak Suka Minum

Koala

Koala

Menurut sejumlah penelitian, air putih itu penting banget buat kesehatan tubuh. Sayangnya, hewan yang satu ini nggak suka minum. Bahkan, dia terlihat jarang meneguk air, ini bukan berarti dia malas.

Pertama, (koala) banyak menhabiskan waktu untuk tidur, yaitu 22 jam untuk satu kali tidur. Ini menyebabkan koala cuma bisa beraktivitas selama 2 jam dalam sehari. Waktu yang sedikit itu biasanya dipakai untuk makan.

Kedua, (koala) sudah menyantap makanan yang mengandung banyak air. Daun pohon eukaliptus menjadi santapan favoritnya. Pohon ini dikenal menyerap air dalam jumlah tinggi. Makanya, koala merasa kandungan air di dalam tubuhnya sudah cukup. Jadi, bukannya dia malas (minumm) ya.!

Demikianlah artikel tentang fakta-fakta unik hewan yang harus kita tehahui, semoga bisa menambah wawasan Anda. Nantikanlah artikel-artikel  selnjutnya.

Baca juga: Hewan Satu Ini Menandakan Akan Adanya Bencana Di Sekitar Kita

 

 

Seni.N./Red. Suara Independent.