kelompok tani mekartani

Kelompok tani desa. mekar wangi bersyukur saat ini pemasaran dari hasil pertanian nya bisa menjadikan motivasi untuk terus berkembang

SUARA INDEPENDENT TASIKMALAYA- Potensi kelompok tani yang ada di wilayah selatan kian hari kian berkembang Seiring dengan kemajuan dan perhatian pemerintah terhadap kelompok dinilai saat ini sangat membantu peran para petani dalam mengembangkan produksinya di bidang pertanian.

kesejahteraan antar kelompok semakin membaik karena didiorong dengan pola kerjasama yang solid antar pengurus dan anggota serta didukung oleh pengembangan kelompok yang tersebar diwilayah kelompok tani induknya.

Hal itu dirasakan oleh anngota kelompok tani Mekarwangi yang berdomisili di Kp. Mekarwangi Desa. Ciawi Kec. Karangnunggal yang sudah berjalan kurang lebih 18 tahun dan di Ketuai oleh H. Karyo.

Kelompok tani tersebut sudah banyak menampung hasil pertanian dari semua kelompok. Yang tersebar di berbagai kedusunan yang ada di Desa Ciawi, hasil pertanian tersebut semua di tampung seperti Jagung, Kacang Tanah, Timun, Cabe, Terung dan lain-lain.

sayuran hasil kelompok tani mekartani

Hasil pertanian

Hasil pertanian palawija itu langsung dipasarkan di pasar Rancabakung dan pasar lainnya yang ada di Kec. Karangnunggal. Unit yang tersebar di wilayah Desa. Ciawi merasa terbantu dengan adanya pemasaran tersebut.

Mereka bersyukur saat ini pemasaran dari hasil pertanian nya bisa menjadikan motivasi untuk terus berkembang baik kesejahteraan kelompok tersebut dan selebihnya demi penghasilan keluarga.

Yoga selaku tim pemasaran telah berusaha semaksimalkan. Mungkin untuk membantu pemasaran dari hasil pertanian, saya merasa tergugah dengan usaha dan upaya para anggotanya.

Sehingga hati nurani saya terketuk dan berpikir bagaimana carannya bisa bekerjasama dan bisa memasarkan hasil usaha pertanian mereka. Dan alhamdulillah hasilnya saat ini sesuai dengan apa yang di harapkan semua pihak.

Para anggota kelompok tani sudah tidak bingung lagi untuk menjual dan menikmati hasil jerih payah mereka, tutur H. Yoga.

Sementara ditanya soal harapan kedepannya untuk lebih memajukan kelompok taninya H. Yoga menjawab, “ harapan kami ya para anggota bisa sejahtera. Namun di sisi lain kami butuh dukungan penuh dari pihak pemerintah terkait dengan bantuan baik Sarana dan prasarana.

Atau tambahan modal sehingga kedepannya kami bisa membentuk koperasi angota, karena dengan terbentuknya koperasi kelompok tani dengan sendirinya anggota tidak sulit untuk penambahan modal usahanya. jelas H. Yoga.(YC)

Baca juga: 7 Cara Menanam Pohon Durian Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah

 

 

 

IRFAN.P/YC/RED. SUARA INDEPENDENT.