Mie Instan ternyata sangat berbahaya bagi tubuh kita, dikarenakan terdapat empat zat-zat berbaha yang terkandung didalamnya

Suara Independent. Mie instan sudah bukan makanan asing lagi bagi kita. Hampir tiap orang di Indonesia atau pun di Negara-negara lain di Dunia mengkonsumsi mie instan, malah sudah menjadi makanan wajib sehari-hari yang tidak pernah terlewatkan.

Apalagi biasanya anak perantauan yang  tinggal nya  di kost dan jauh dari orang tua. Seringkali memakan mie instan di karenakan biayanya murah dan praktis dalam  menyajikannya. Banyak yang berdalih bahwa itu lebih hemat di banding membeli makanan lainnya.

Bahaya dari mie instan

Tapi tahukah Anda bahwa Bahaya Makan Mie Instan selalu mengancam? Kebiasaan memakan mie instan biasanya ketika makanan utama yaitu nasi sudah habis. Memakan mie instan dianggap lebih praktis dan cepat.

Hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit mie sudah siap disantap. Walau kebiasaan memakan mie instan dibilang jelek, tetapi masih banyak orang yang makan mie instan.

Bahkan tidak jarang yang bersikap acuh dan cuek akan bahaya yang mengancam dirinya akibat mengkonsumsi mie instan. Budaya hidup sehat masih belum bisa dijalankan oleh semua orang. Paling tidak kita sendiri memulai cara hidup sehat.

Bahaya yang di timbulkan mie instan bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang hobi mengkonsumsi mie instan sebaiknya mulai mengurangi atau menghindarinya. Apalagi mie instan sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Kami akan membahas bahaya apa saja yang bisa di timbulkan oleh makanan cepat saji ini, diantaranya

  • Mie Instan mengandung zat lilin

Mengapa mie instant mengandung zat lilin? Karena Kandungan lilin tersebut yang membuat mie tidak menempel satu sama lain. Sementara itu tubuh kita mengalami kesulitan untuk mencerna zat lilin tersebut.

Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna zat lilin sekitar 2 hari. Hal ini yang bisa menyebabkan ganguan kesehatan pada pencernaan dan bahkan bisa berujung pada pembentukan sel-sel kanker. Ngeri kan dengernya juga.

  • Mengandung Natrium berlebih yang berbahaya untuk penderita Maag dan Hipertensi

Mie Instan juga mengandung (Natrium) yang cukup tinggi. Natrium ini berbahaya bagi penderita Maag. Hal tersebut dikarenakan kandungan natrium yang tinggi bersifat menetralkan lambung sehingga lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan.

Akibatnya, asam lambung akan naik dan terjadilah pengikisan dinding lambung. Untuk penderita hipertensi, kandunagn natrium ini cukup berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh anda.

  • Mengandung MSG atau vetsin

Permasalahanya terdapat pada media mikrobial, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin. Bukan hanya itu terdapat pula bahan penggurih yang berupa HVP dan Yeast Extract.

Apa itu HVP

HVP atau hidrolized vegetable protein adalah jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam klorida ataupun dengan enzim. Hal yang patut kita pertanyakan adalah sumber enzim. Apakah berasal dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme.

Kalau hewan tentu harus jelas hewan apa dan bagaimana penyembelihannya. Sedangkan yeast extract yang menjadi titik kritis adalah asam amino yang berasal dari hewan.

  • Bahan penambah rasa

Biasanya mie instan yang dijual di toko-toko tersedia dalam berbagai parian rasa, biasanya menggunakan flavor. Bahan inilah yang akan memberi rasa gurih pada mie instan, titik permasalahanya terdapat pada sumber flavor.

Jika flavor bersumber dari hewan, tentu harus jelas jenis dan cara penyembelihannya. Apalagi flavor yang berasal dari rambut  maupun bagian lain dari tubuh manusia, statusnya tentu saja haram untuk di konsumsi.

Catatan

Hal penting yang harus anda perhatikan. Peringatan bagi kita semua bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C. Akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar terlebih dahulu masak mie terakhir baru ditaburi bumbu.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan, tentang zat-zat berbahaya yang terkandung dalam mie instan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Nantikanlah artikel-artikel selanjutnya.


Baca juga: Manfaat-manfaat Dari Kacang Hijau
Irfan.P./Red. Suara Independent.