poto sedang bermain bola voly | sumber gambar Google image

poto sedang bermain bola voly | sumber gambar Google image

Olah raga bola voly ini sangat di gemari oleh setiap kalangan anak – anak atau dewasa karna ada kepuasan tersendiri dengan bermain bola voly.

Suaraindependent.id – Siapa yang tidak kenal dengan olahraga bola voli ini? banyak kita temui olahraga ini di berbagai tempat karena olahraga ini banyak di minati oleh semua kalangan dari anak kecil sampai dewasa. Jenis olahraga ini merupakan jenis olahraga yang ringan dan mudah untuk dimainkan, dan tidak akan mengganggu waktu anda.

Olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga tim yang cukup populer selain bola basket dan sepak bola. Tak hanya belajar bekerja sama dengan teman satu tim, bermain bola voli juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat dari olahraga bola voli bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Membantu meningkatkan daya tahan dan stamina

Dalam melakukan olahraga bola voli ini dibutuhkan stamina yang cukup kuat. Stamina ini bisa diperoleh dengan mudah jika kita mau melakukan olahraga ini secara rutin. Dengan stamina yang bagus maka akan menunjang kita dalam meyelesaikan segala pekerjaan sehari-hari dengan ringan. Selain itu, daya tahan dalam tubuh juga selalu terjaga sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

2. Mengurangi rasa cemas

Manfaat olahraga bola voli yang cukup serius adalah untuk kesehatan mental tubuh kita. Rasa cemas kerap kali hadir dalam diri kita, bahkan secara tiba-tiba dan tak terduga-duga. Saat kita berolahraga rasa cemas lama kelaman akan berkurang dan bahkan bisa menghilang. Jadi, olahraga ini tidak hanya bagus untuk menyehatkan fisik kita saja tapi juga efektif untuk menjaga kesehatan mental.

3. Mencegah resiko osteoporosis

Gerakan dalam melakukan olahraga bola voli menjadikan tulang dalam tubuh juga ikut bergerak. Hal ini sangat bagus untuk mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis. Dengan berolahraga secarateratur dan didampingi konsumsi makanan yang sehat dapat mengatasi masalah pengeroposan tulang karena tulang selalu sehat dan tidak rapuh.

Baca juga : KEDATANGAN ESSIEN KE PERSIB MENGHEBOHKAN PERSEPAKBOLAAN DUNIA

4. Efektif membakar lemak tubuh

Manfaat olahraga bola voli selanjutnya adalah untuk membakar lemak. Tumpukan lemak berlebih yang ada di dalam tubuh dapat dikurangi dengan rajin menggerakkan badan salah satunya dengan melakukan permainan olahraga ini. Jika lemak dalam tubuh terbakar dengan baik maka tubuh tidak akan menjadi gemuk dan terhindar dari resiko obesitas.

5. Melancarkan metabolisme

Metabolisme dalam tubuh akan menjadi lancar jika tubuh kita selalu sehat. Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh dapat selalu dalam kondisi yang fit.

6. Memperbaiki fungsi kerja otot dan syaraf

Olahraga bola voli pada dasarnya membutuhkan gerakan yang cepat untuk menangkap, melempar dan mengoper bola. Pemain harus cepat dalam mengambil tindakan agar bola bisa menuju ke arah lawan dengan menyelaraskan gerakan tangan dan kaki. Hal ini akan menjadikan kinerja otot dan juga syaraf semakin baik karena terlatih setiap hari.

7. Membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi

Dalam olahraga bola voli, setiap pemain dituntut untuk bisa berkonsentrasi terutama mengikuti pergerakan bola. Selain itu pemain juga harus pandai-pandai mengikuti pergerakan lawan. Kebiasaan berkonsentrasi ini sangat membantu kita dalam pekerjaan lain seperti saat bekerja dan menyelesaikan tugas rumah tangga.

8. Meningkatkan kecepatan dan keseimbangan tubuh

Saat berlari dan memukul bola maka keseimbangan tubuh dapat terjaga dengan baik. Selain itu kecepatan pergerakan juga sangat baik karena antusiasme untuk mendapatkan bola dan melemparkan ke arah lawan.

9. Membentuk tubuh yang ideal

Saat melakukan olahraga bola voli kita membutuhkan latihan dan juga pemanasan yang menguras banyak tenaga. Gerakan yang dilakukan dapat membuat otot menjadi lebih kuat dan lentur. Hal ini tentunya dapat membuat tubuh kita menjadi lebih proporsional. Selain memiliki tubuh yang terlihat indah, kesehatan tubuh kita juga senantiasa terjaga.

10. Efektif membakar kalori

Pemain bola voli cenderung untuk mengkonsumsi banyak makanan agar tenaga banyak terkumpul saat mulai bertanding. Namun demikian mereka tidak memiliki tubuh yang gendut. Ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi akan terbakar dengan baik saat bermain bola voli. Kalori yang ada dalam tubuh bisa dibakar dengan sempurna sehingga tubuh pun tidak akan mengalami kegemukan meskipun selalu mengkonsumsi banyak makanan.

6 Manfaat Bola Voli bagi Kesehatan Tubuh Lainnya :

  1. Menjaga kesehatan organ internal dalam tubuh
  2. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
  3. Menyehatkan organ jantung
  4. Mengurangi resiko obesitas
  5. Meningkatkan keahlian aerobic
  6. Menghindari stress

Demikian ulasan mengenai manfaat olahraga bola voli yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat luas. Selain menjadi permainan yang menyenangkan bersama teman, aktifitas bola voli ini juga menjadi olahraga yang menyehatkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dikutif dari berbagai sumber.

 

Perdi Syhendar/Red. Suaraindependent.